Pelatihan Kewirausahaan, Taslim: Tidak Perlu Energi Besar Untuk Membangun Potensi Daerah

oleh -7 views

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Daerah Kabupaten Morowali, menggelar Pelatihan Kewirausahaan, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan digelar di Gedung Serba Guna Ahmad Hadie, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Dibuka langsung Bupati Morowali, Taslim.

Tema kegiatan “Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mikro Kecil yang Terintegrasi, Kita Wujudkan UMKM Handal, Mampu, Tangguh dan Mandiri, Menuju Masyarakat Morowali Sejahtera Bersama”.

Ketua Tim Penyelanggara, Darwin Nuhun mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kewirausahaan bagi pelaku UMKM yang menjadi peserta pelatihan.

“Peserta berjumlah 40 orang, berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Morowali,” sebutnya.

Diantaranya adalah Kecamatan Bungku Tengah, Bungku Barat, Bungku Timur, Bahodopi, Bungku Pesisir, dan Bungku Selatan.

Sementara itu, Bupati Morowali, Taslim mengatakan, dihadirkannya camat pada kegiatan pelatihan itu, agar ilmu yang diperoleh dapat ditransfer kepada seluruh masyarakat.

“Seluruh kepala OPD harus selalu meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahaan, agar visi dan misi kita dapat terpenuhi guna meningkatkan kesejahteraan bersama,” jelasnya.

Di beberapa daerah telah memanfaatkan potensi lokal untuk dijadikan ruang usaha. Artinya, untuk membangun Morowali harus mampu menyiapkan objek usaha dan sumber daya manusia (SDM).

BACA JUGA :  Askrida Palu Bayar Klaim Asuransi Rp30 Miliar Pascabencana

Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki Morowali sebagai peluang ekonomi. Masyarakat juga harus mampu meyakinkan investor dan pelaku usaha lainnya. Bahwa Morowali sangat  kondusif dan potensial untuk investasi.

“Tidak perlu energi besar untuk membangun potensi daerah, karena Morowali sudah didukung kekayaan sumber daya alam. Dengan memberikan pelayanan prima, akan memudahkan pelaku usaha dan investor,” urainya.

Taslim berharap, melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan dapat memberikan kesadaran bagi para pelaku UMKM. Bahkan dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat dan daerah.

Selain itu, dapat menambah wawasan yang dapat menumbuhkan jiwa entreneurship. Sinergitas kegiatan OPD harus selalu mengarah pada penguatan ekonomi masyarakat.

“Olehnya, kepala OPD harus memiliki  kemampuan kewirausahaan. Sehingga dapat menghasilkan kegiatan yang memiliki nilai ekonomis dan provit,” tutupnya.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Morowali Najamudin, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Morowali Yusman Mahbub, Creative Preneur C. Rockets Indonesia Jakarta Sabar P. Situmorang, Pejabat Struktural Marjan Maguna, Kepala-kepala OPD, para Camat dan Kepala Desa, serta peserta pelatihan. (Ahyar Lani)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 25 times, 1 visits today)