Rapat Paripurna ke-6 DPRD Morowali, Pemda Disarankan Membuat Standar Baku Mutu Lingkungan

oleh -6 views
Wakil Bupati Morowali Najamudin, Ketua DPRD Morowali Kuswandi, Wakil Ketua I Syarifudin, dan Wakil Ketua II Asgar Ali. Foto: Doc.

MOROWALI, Kabar Selebes – DPRD Kabupaten Morowali menggelar Rapat Paripurna ke 6 masa sidang ke 1 di Ruang Sidang Utama, Kamis (24/10/2019).

Rapat Paripurna tersebut dengan agenda Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Anggota Fraksi Terhadap 4 Buah Raperda. Secara langsung dipimpin Ketua DPRD Morowali, Kuswandi, yang diikuti 16 anggota dewan.

Bupati Morowali, Taslim, yang diwakili Wakil Bupati Morowali, Najamudin, mengapresiasi saran dan usulan dari Fraksi NasDem terkait Raperda tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Pemerintah Daerah disarankan untuk membuat standar baku mutu lingkungan dan ambang pencemaran air, tanah dan udara.

“Usulan dan saran akan diakomodir pada saat pembahasan Raperda di Badan Pembentukan Peraturan Daerah,” kata Najamudin.

Dilanjutkannya, menimbang usulan dari Partai Demokrat terhadap Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa dan Penanggulangan Kemiskinan, Pemda telah mengkaji Raperda dan dilakukan harmonisasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Ini sebagai perancang Raperda sesuai amanat Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

“Substansi materi Raperda akan semakin disempurnakan. Saran Fraksi Demokrat akan dimasukkan dalam agenda pembahasan untuk dikaji pada saat pembahasan terkait penambahan BAB pada substansi materi Raperda,” jelasnya.

Pandangan dari Fraksi Golkar terhadap Raperda Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Perusahaan Daerah Air Minum, disebutkannya, bahwa besaran penyertaan modal dalam Raperda tersebut belum dicantumkan.

“Sementara dilakukan penghitungan berdasarkan kebutuhan dasar pelayanan PDAM Morowali,” katanya.

Pemerintah Daerah menyambut baik segala usul dan masukan yang diberikan. Sehingga, penyempurnaan pasal serta substansi yang belum dicantumkan akan terus diperbaiki.

Sebelumnya, 5 Fraksi telah memberikan pandangan umum terhadap Raperda yang diajukan. Diantaranya, Fraksi NasDem, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Hanura.

Rapat Paripurna dihadiri Wakil Ketua I Syarifudin Hafid, Wakil Ketua II Asgar Ali, para Asisten dan Staf Ahli, serta kepala OPD dan sejumlah staf. (Ahyar)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 28 times, 1 visits today)