Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu, Simbol Perdamaian yang Masih Terjaga

oleh -96 views

PALU, Kabar Selebes – Pernah dengar Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu? Yes, tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang hits di Sulawesi Tengah. Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu yang terletak di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu ini adalah tempat wisata yang sangat instagramable.

Daya tarik dari Tugu Perdamaian Nosarara Nasabatutu ini adalah letaknya yang berada di ketinggian sehingga pemandangan Kota Palu terhampar jelas di depan mata.

Setahun pascabencana di Palu, tempat ini masih saja menjadi pilihan masyarakat yang ingin melepas kepenatan. Saat ini, tugu Nosara Nosabatutu dikunjungi puluhan hingga ratusan orang setiap harinya.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke tempat ini hanya untuk mengabadikan momen untuk berswafoto baik itu bersama keluarga maupun bersama pasangan.

Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan pegawai kantoran pun turut datang mengunjungi lokasi tersebut.

Selain tugu perdamaian, di lokasi ini ada juga objek wisata lain yang tak kalah indahnya yakni Gong Perdamaian. Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu di Palu, Sulawesi Tengah bukan hanya menjadi simbol kerukunan bagi masyarakat di Sulawesi Tengah. Lokasi Gong Perdamaian di Bukit Tondo juga memiliki fungsi lain yakni sebagai tempat evakuasi saat terjadi tsunami di Palu.

Gong Perdamaian ini diresmikan pada 11 Maret 2013. Memiliki nama panjang Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu yang dalam bahasa Kaili memiliki arti bersaudara dan bersatu. Dalam penjelasan dituliskan bahwa Gong Perdamaian merupakan upaya pencegahan terulang kembali konflik kekerasan sosial seperti di Poso. Oleh karena itu, selain simbol gong untuk menjaga perdamaian, di Bukit Tondo juga dibangun graha tempat berkumpul dan bermusyawarah apabila ada masalah yang harus diselesaikan.

Selain itu, Gong Perdamaian juga disebutkan sebagai tambahan hiburan di Palu, untuk agar menurunkan tingkat emosional dan ketegangan di kalangan masyarakat. Tidak heran Gong Perdamaian menjadi lokasi favorit warga Palu dan wisatawan untuk menikmati pemandangan dari Bukit Tondo. Dari sana wisatawan juga dapat berfoto di anjungan yang telah disediakan dan melihat pemandangan matahari terbenam. Dari pusat kota, Gong Perdamaian dapat ditempuh selama 30 menit berkendara.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 296 times, 1 visits today)