Pembangunan SPAM Pasigala di Sigi Disosialisasikan

oleh -3 views

SIGI, Kabar Selebes – Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri acara sosialisasi pembangunan sistem pengelolaan air minum (SPAM) Pasigala yang dilaksanakan di bantaran sungai/irigasi Wuno, Kecamatan Sigi Biromaru, Senin (02/12).

Irwan mengatakan bahwa sebagai Pemerintah pihaknya memiliki kewajiban dan tanggung jawab kepada masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, pendidikan, kesehatan, serta kesejahteraan.

“Semua ini ini adalah wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat salah satunya adalah peningkatan ekonomi yakni pembangunan irigasi, dimana hal ini dapat dimanfaatkan masyarakat. Selain itu juga yaitu pembangunan dan pemulihan pasca bencana yang akan diupayakan dapat segera rampung,” ungkapnya
.

Sebagai pemerintah Kabupaten Sigi, ia sangat merespon pembangunan tersebut dan irigasi ini akan dilakukan secara total, sehingga ia berharap seluruh perangkat desa, Ketua BPD, para tokoh masyarakat menjadi penyeimbang untuk melakukan penguatan yang baik serta mengawal pembangunan irigasi tersebut untuk dapat segera terwujud dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat
.

Sementara itu, Kepalai Balai Wilayah Sungai Sulawesi Tengah, Feryanto mengatakan bahwa dari Sungai Wuno ini akan mendapatkan banyak manfaat untuk orang lain,bukan hanya penduduk di sekitar.

BACA JUGA :  BMKG Palu Sebut Ada 29 Sesar Aktif di Sulawesi Tengah

“Untuk Oloboju dengan sumber dari Saluki karena itu cukup jauh 42 kilometer, tantangannya cukup banyak sehingga memang ada penurunan debet. Oleh karenanya dari BWS sesuai desain awal akan ditambah 300 liter lagi karena sungai ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Feriyanto juga menambahkan salah satu yang menjadi rencana saat ini adalah pemanfaatan melalui Sungai Wuno dan penambahan dari sungai Saluki dari situ akan dibangun pengelolaan air bersih (WTP) omu sehingga untuk daerah irigasi air baku sigi bagian timur dan Sigi bagian barat. dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kembali bercocok tanam,” jelasnya
.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi III Feryanto Pawenrusi, Kepala Satuan Kerja Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah Dr. Aksa Mardani, Waka Polres Kabupaten Sigi Paulus Morik, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sigi Iskandar Nontji, Plt.Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Sigi, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi,Camat Sigi Biromaru,Kapolsek Biromaru, para Kepala Desa, serta masyarakat sekitar. (Arviah)

Silakan komentar Anda Disini....


(Visited 14 times, 1 visits today)