Nasional

Maret, 300-an Insinyur Rakerwil dan Bahas Regulasi Keinsinyuran di Palu

874
×

Maret, 300-an Insinyur Rakerwil dan Bahas Regulasi Keinsinyuran di Palu

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sebagai organisasi wadah berhimpun Insinyur yang melaksanakan penyelenggaraan praktek Keinsinyuran di Indonesia. Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Olehnya, Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Sulawesi Tengah bermaksud mengadakan Rapat Kerja Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (Rakerwil PII) Sulawesi Tengah dan Seminar Nasional Keinsinyuran.

Ketua Panitia Ir H Arwan Ibrahim, ST., IPM mengatakan kegiatan yang rencananya dihadiri oleh 300 peserta akan dilaksanakan pada Kamis 19 Maret 2020 di Best Western Plus Coco di Kota Palu.

BACA JUGA :  Pawai Takbiran Idul Adha di Poso Berjalan Khidmat

“Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan sebelumnya dimana PII Wilayah Sulteng dan PII Cabang (Kota dan Kabupaten) se-Sulteng telah melaksanakan pelantikan dan seminar pada pada tanggal 23 Oktober 2019 bertempat di IT Centre Untad Palu yang dihadiri oleh Pengurus Pusat PII,” kata Arwan.

Lebih lanjut Arwan menjelaskan bahwa dalam rangkaian kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan Seminar Nasional Keinsinyuran yang akan menghadirkan pemateri nasional seperti Ketua Umum PII Pusat, Dirjen Dikti dan beberapa pemateri lokal seperti Rektor Untad dan Kepala BPST (KEK Palu) dan akan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah.

BACA JUGA :  PT IMIP Berbagi Hewan Qurban

Terkait materi Rapat Kerja dan Seminar Nasional, Arwan mengatakan bahwa materi yang akan dipresentasikan oleh pemateri banyak membicarakan tentang regulasi tentang Keinsinyuran di Indonesia khususnya UU NO. 11/2014 dan PP No. 25/2019, pelaksanaan Program Profesi Insinyur di Perguruan Tinggi serta sumbangsih Insinyur bagi pembangunan di Sulawesi Tengah. Kesemua draft materi sudah rampung disusun oleh pihak Steering Committee (Panitia Pengarah).

Senada dengan hal diatas, Ir. Andi Kaimuddin, ST., MM., IPM., ASEAN Eng selaku Ketua PII Cabang Kota Palu yang mendampingi Ketua Panitia kegiatan ketika bertemu awak media ini, membenarkan penyampian ketua panitia dalam hal pelaksanaan kegiatan tersebut.

BACA JUGA :  KPUD Morowali Rapat Pleno Terbuka, Penyerahan Dokumen Pelantikan Anggota DPRD Terpilih

“Kota Palu ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Sebelumnya memang sempat dibicarakan bahwa ada tempat lain (Kabupaten) yang digadang-gadang menjadi tempat pelaksanaan Rapat Kerja Wilayah PII Sulteng dan Seminar Nasional ini, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya Kota Palu yang ditetapkan sebagai tempat pelaksanaannya,” kata Andi Kaimuddin.

“Pada intinya kegiatan tersebut telah siap dilaksanakan, tinggal merampungkan beberapa hal-hal terkait teknis kegiatan,” kata Arwan. (*/patar)