Mulai Hari ini KPU Poso Verifikasi Berkas Samsuri – Tony Sowolino

oleh -2 views

POSO, Kabar Selebes – Setelah dinyatakan menerima dokumen syarat dukungan minimal dan sebaran wilayah di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, KPU Kabupaten Poso mulai hari ini melakukan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen, pasangan calon perseorangan Samsuri dan Tony Sowolino.

Samsuri adalah salah satu petinggi di Pemda Poso yang saat ini sedang menjabat sebagai Wakil Bupati Poso. Ia menggunakan jalur perseorangan dalam Pilkada serentak 23 September mandatang, untuk bersaing dengan Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu. Petahana yang kemungkinan besar akan di usung Partai Golkar, PKS, dan beberapa koalisi partai politik lainnya.

Berdasarkan hasil pengecekkan dan pemeriksaan yang dilakukan KPU Poso, terhadap dokumen Samsuri-Tony, terdapat 16.706 dukungan dinyatakan lengkap, yang tersebar di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Poso, dari total dukungan sebanyak 17.140. Sementara 434 dukungan dinyatakan tidak lengkap.

Dengan jumlah itu, dokumen dukungan yang diserahkan melampaui syarat minimal dukungan yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Poso, yaitu 14.724 dukungan dengan sebaran minimal 10 kecamatan.

BACA JUGA :  Curi Mobil dan Dijual ke Taliabu, Dua Pria Ini Dilumpuhkan Timah Panas Polisi

Dengan demikian, syarat dukungan minimal Samsuri dan Tony Sowolino diterima, setelah KPU Poso melakukan pengecekan dokumen yang diserahkan pada Sabtu 22 Februari akhir pekan lalu, disesuaikan dengan hasil input dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON), yang dilakukan Tim Help Desk Pencalonan KPU Kabupaten Poso.

Tahapan saat ini adalah verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan, pasangan calon perseorangan, Samsuri dan Tony Sowolino, yang dilakukan sejak hari ini 27 Februari hingga 25 Maret 2020 mendatang, merujuk pada tahapan penyelanggaraan Pilkada 2020.
“Sesuai jadwal tahapan, hari ini kami mulai melakukan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan, hingga tanggal 25 Maret 2020 mendatang,” ujar Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Maliki, Kamis (27/2/2020) pagi.

Menurutnya, setelah tahapan verifikasi administrasi selesai dilakukan, KPU Poso akan masuk ke tahapan berikutnya, yaitu melakukan verifikasi faktual di lapangan. (ifal)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 33 times, 1 visits today)