Pilkada

Karena Covid-19, KPU Poso Menunda Lantik 510 PPS Pilkada 2020

543
×

Karena Covid-19, KPU Poso Menunda Lantik 510 PPS Pilkada 2020

Sebarkan artikel ini
para komisoner KPU POSO

POSO, Kabar Selebes – Menindaklanjuti surat edaran dan Surat Keputusan (SK) KPU RI dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso menunda pelaksanaan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2020.

Penundaan pelantikan anggota PPS itu setelah ada Surat Keputusan (SK) KPU RI nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang penundaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau wali kota serta wakil wali kota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  Target Menang, PKS Sulteng tidak Menutup Diri Jadi Pengusung di Pilgub Sulteng

Komisioner KPU Poso, Divisi Sosialisasi, Wilianita Selviana Pangetty mengatakan, jika penundaan pelantikan PPS dilakukan KPU Poso karena mengacu adanya SK KPU RI dan Surat Edaran KPU RI Nomor 8 tahun 2020.

Kata Wilianita, untuk Kabupaten Poso, Sulteng sebelumnya pihak KPU Poso telah mengagendakan akan melantik 510 anggota PPS terpilih di lima lokasi dari 170 kelurahan maupun desa pada hari Minggu (22/03/19). Namun karena adanya SK dan surat edaran KPU RI acara pelantikan PPS Pilkada 2020 kemudian ditunda.

BACA JUGA :  KPU Poso Libatkan Perguruan Tinggi Tingkatkan Partisipasi Pemilih

“Penundaan itu dalam menyikapi pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19,” ucap Wilianita. Minggu 22 Maret 2020.

Budiman Maliki, Ketua KPU Poso dikonfrimasi membenarkan penundaan pelantikan anggota PPS.

Menurut Budiman, sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mendapat masukan sebagai pertimbangan tambahan terkait dengan kegiatan yang melibatkan banyak orang, dimana salah satunya kegiatan pelantikan anggota PPS.

BACA JUGA :  Pasca Launcing Pilkada 2020, KPU Poso Agendakan Sejumlah Tahapan Pilkada

“Beberapa titik wilayah lokasi pelantikan, KPU sudah melakukan koordinasi dengan Polsek, Puskesmas, Bawaslu, Dinkes dan Polres untuk meminta arahan serta masukan pertimbangan. Olehnya semua masukan kami dengarkan dari pihak-pihak yang berwenangterkait upaya-upaya pencegahan COVID 19 di wilayah Poso,” pungkasnya.(abd/rdm)

Laporan : Ryan Darmawan

.

.