Ketua DPRD Soroti Ketidaksiapan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Sulteng

oleh -508 views
Nilam Sari Lawira

PALU, Kabar Selebes – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira menyayangkan ketidaksiapan rumah sakit rujukan Covid-19 atau virus corona di Sulawesi Tengah yang belum memenuhi standar operasional prosedur (SOP).

Nilam menegaskan adalah dalam pencegahan penyebaran virus corona yang paling penting adalah kesiapan RS rujukan dengan sistem  penanganan maupun fasilitas yang sesuai protokoler penangan Covid-19.

“Karena  saya dapat kabar bahwa ada PDP yang ditempatkan di ruang isolasinya masih  tidak memenuhi SOP,” kata Nilam, Sabtu (21/3/2020).

Dia menyarankan kepada Pemda agar seharusnya  mempersiapkan ruang isolasi khusus bagi PDP corona.

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Rumah Ibadah dan Fasilitas Umum di Morowali Disemprot Disinfektan

“Bila perlu harus ada gedung khusus untuk penanganan PDP Covid-19 yang tidak menyatu dengan pasien penyakit lain, sehingga benar-benar di isolasi,”ucapnya.

Nilam Sari juga menyoroti upaya pencegahan yang hingga kini belum maksimal, misalnya dengan penyemprotan disinfektan di beberapa titik seperti di fasilitas umum, fasilitas sosial dan lingkungan atau tempat tinggal.

“Selain itu sosialisasi tentang hidup bersih, sehat dan cara penularan Covid-19 serta pencegahan dan penanganannya sangat penting untuk  mengedukasi kepada masyarakat. Dan hal itu harus dilakukan dari satu sumber  informasi sehingga tidak  menimbulkan kesalahpahaman,” kata Nilam Sari.(abd/rkb)

 Laporan : Rifaldy Kalbadjang

.

.

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 492 times, 1 visits today)