Tiba dari Jakarta, Walikota Hidayat Langsung Periksa Kesehatan di RSUD Anutapura Palu

oleh -84 views
Walikota Palu, Hidayat melakukan pemeriksaan suhu tubu yang di lakukan petugas penjaga RSUD Anutapura Palu, saat baru tiba dari Jakarta, Kamis (19/03/2020).(Foto: Sobirin)

PALU, Kabar Selebes – Walikota Palu Drs Hidayat yang baru tiba dari Jakarta langsung menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura. Hidayat bersama rombongan didamping langsung Kepala Dinas Kesehatan, dr Husaema.

Pemeriksaan yang dilakukan sendiri adalah pengecekan suhu tubuh dan uji sampel darah. Langkah itu dilakukan untuk mendeteksi virus Corona atau Covid-19, pasalnya Hidayat bersama rombongan baru saja tiba dari daerah yang terpapar virus tersebut.

“Alhamdulillah, hasil uji lab darah dari pak walikota bersama rombongan normal dan suhu tubuhnya juga,” kata Plt Kepala RSUD Anutapura, drg. Hery Muliyadi, Kamis (19/03/2020).

Sementara Hidayat sangat menyayangkan lemahnya pengawasan di bandara Mutiara SIS Al-jufri Palu. Hal ini dikarenakan dirinya bersama rombongan sama sekali tidak mendapat pemeriksaan saat tiba.

“Tadi kita tiba di Bandara tidak ada diperiksa. Siapa yang bertanggungjawab disana, surati mereka itu,” tegasnya.

BACA JUGA :  Paskibraka Kota Palu Batal Tunaikan Tugasnya Dalam HUT RI Tahun Ini Akibat Covid-19

Senada, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Palu, Rosidah Thalib mengakui hal yang sama. Dirinya menjelaskan, saat tiba di bandara hanya diminta untuk mengisi buku dan diberi selebaran.

“Iya, kita cuman di suruh isi buku kemudian di kasih selebaran,” sambungnya.

Dalam pertemuan singkat itu, Hidayat juga meminta untuk dilakukan proteksi dini dengan mengidentifikasi warga yang baru tiba dari luar Palu khususnya luar negeri.

Langkah itu diakuinya harus dilakukan, sehingga Dinas terkait harus selalu berkoordinasi dengan pihak imigrasi.

“Kita harus lindungi warga Palu. Kalau ada yang baru datang dari luar kota khususnya luar negeri, wajib untuk di periksa. Dan kalau memang ada gejala, harus langsung dirawat,” kata Hidayat.(abd/Sob)

Laporan : Moh. Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 82 times, 1 visits today)