Ketua KPU Sulteng Sebut Waktu Pelaksanaan Pilkada Belum Ada Kepastian

oleh -54 views
Ketua KPUD Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming (kanan) menyerahkan tanda terima pendaftaran berkas bakal calon legislatif DPD Perindo kepada Ketua Perindo Sulawesi Tengah Clemens Effrain Musa di Aula KPUD Sulteng, Sabtu sore, 14 Juli. (Foto: Kabarselebes/Patar)

PALU, Kabar Selebes –  Pandemi Covid-19 atau virus Corona membawa dampak besar terhadap sejumlah agenda nasional. Salah satunya adalah pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming mengatakan, pihaknya kini masih menunggu peraturan KPU (PKPU) serta arahan lanjutan dari KPU RI perihal pelaksanaan pilkada.

“Kita masih menunggu peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) sekaligus arahan terkait lanjutan pemilihan, dari KPU RI sebagai pelaksana Perppu, belum ada kepastiannya,” ungkap Tanwir Raby (13/5/2020).

Dia menegaskan bahwa pelaksanaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur telah sampai pada tahapan pelantikan adhoc dan pemutakhiran data.

Sementara  untuk tahapan pemilihan Bupati dan walikota  pelaksanaan pemilihan sudah sampai pada verifikasi faktual calon perseorangan.

“Kabupaten dan kota tahapan pemilihannya telah sampai verifikasi faktual calon perseorangan,” terangnya.

BACA JUGA :  OJK Monitor Percepatan Implementasi Relaksasi bagi Debitur di Sulteng

Selanjutnya kata dia KPU propinsi  dan kabupaten juga Kota Palu akan melaksanakan tahapan yang tertunda tidak ada pengulangan tahapan yang sudah selesai.

“Tahapan pilkada akan dilanjutkan tanpa ada pengulangan tahapan,” katanya.

Selain itu Ketua KPU Kabupaten Sigi Hairil mengatakan hal yang sama. Saat ini pihaknya juga masih menunggu keputusan KPU pusat.

“Kami menunggu putusan KPU pusat, kapan lanjutnya tahapan pilkada di daerah,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, bahwa saat penundaan tahapan, semua penyelenggara adhoc telah dilantik namun saat ini mereka belum dihonor sebab tahapan belum lagi berjalan.(abd/msl)

Laporan : M. Syarif Latadano

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 57 times, 1 visits today)