BKSDA Buru Pencuri Monyet Endemik di Kebun Kopi

  • Bagikan
warga berfoto di lokasi tempat monyet di Kebun Kopi
Monyet
warga ber

PALU, Kabar Selebes – Video pencurian seekor monyet jenis Macaca Tonkeana di Jalan Poros Palu-Parigi atau biasa dikenal dengan kawasan Kebun Kopi, Sulawesi Tengah beberapa hari terakhir viral di media sosial.

Atas kejadian itu, pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) sedang berkoordinasi dengan aparat terkait untuk mencari dan mengejar kawanan pencuri hewan yang dilindungi tersebut.

Dari video viral yang direkam seorang pengguna jalan di Kebun Kopi itu tampak sejumlah orang dengan mengendarai mobil dengan bak terbuka memancing serta menangkap seekor monyet yang ada di poros jalan Palu Parigi tepatnya sekitar kilometer 14 dari Parigi Kota, pusat ibukota Kabupaten Parigi Moutong.

Sayangnya rekaman warga pengguna jalan terhadap para pelaku dan kendaraannya itu tidak terlihat jelas lantaran direkam dengan jarak jauh.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sulteng, Haruna mengatakan, monyet yang dicuri itu diketahui jenis Macaca Tonkeana, dimana lazimnya turun gunung untuk mencari makan.

Menurut pihak BKSDA Sulteng, terdapat sekitar 20 ekor monyet yang biasanya terus berada di lokasi tersebut.

Untuk mencari pelaku pencuri monyet yang ada di video viral tersebut pihak BKSDA sudah berkoordinasi dengan kepolisian.

Monyet Macaca Tonkeana sendiri adalah salah satu satwa yang dilindungi dan berhabitat di hutan Sulawesi. Selain Macaca Tonkeana, ada juga monyet jenis Macaca Nigra yang juga merupakan satwa endemik dari pulau Sulawesi dan hidup di hutan Sulteng. CAL

 

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Akademisi IAIN Dilantik Sebagai Timsel KPU Sulteng

PALU, Kabar Selebes  - Akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah Dr H...

Close