Sulawesi Tengah

Basarnas akan Dirikan Pos SAR di Tolitoli

998
×

Basarnas akan Dirikan Pos SAR di Tolitoli

Sebarkan artikel ini
Kepala Basarnas Palu, Basrano bersama Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan foto bersama saat penyerahan plakat SAR di kediaman pribadi Bupati Tolitoli. Foto: Moh Sabran
Basarnas Tolitoli
Kepala Basarnas Palu, Basrano bersama Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan foto bersama saat penyerahan plakat SAR di kediaman pribadi Bupati Tolitoli. Foto: Moh Sabran

TOLITOLI, Kabar Selebes – Untuk memperluas jaringannya di wilayah kabupaten di Sulawesi Tengah Badan Sar Nasional (Basarnas) direncanakan akan mendirikan pos SAR di Kabupaten Tolitoli setelah dua pos SAR sebelumnya didirikan dan di operasikan yakni Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Banggai.

Kabupaten Tolitoli yang letak geografisnya berada di laut sulawesi dan juga berbatasan langsung dengan dua negara yakni Malaysia dan Philipina.

Selain itu, karaterisitik wilayah kabupaten Tolitoli memiliki pegunungan yang tinggi membuat tingkat kerawanan akan bencana alam sangat dimungkinkan sehingga dengan kehadiran para personil pos SAR juga bisa memberikan angin segar dalam meminimalisir korban bencana alam yang akan diberikan pertolongan  karena faktor alam, di satu sisi sebagian wilayah perairan laut akan sangat membantu dalam rangka mengevakuasi korban bencana-bencana yang terjadi.

BACA JUGA :  Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Asal Buol Masuk Jurang di Desa Pangi Tolitoli

Pendirian pos SAR di Kabupaten Tolitoli disambut positif Bupati Tolitoli Mohammad Saleh Bantilan saat menerima kunjungan Kepala Badan Sar Nasional (Basarnas) Palu saat melakukan audiensi dengan pemerintah Kabupaten Tolitoli.

Selain melakukan pertemuan dengan Bupati Tolitoli, Kepala Basarnas Palu juga bertemu dengan berbagai pihak mulai  Lanal Tolitoli serta kepala ASDP Tolitoli dan kesemuanya menyambut secara positif kehadirian pos SAR di Tolitoli.

BACA JUGA :  Seminggu Kabur, Kolor Ijo Makassar Ditangkap Satgas Tinombala di Poso

Kepala Basarnas Palu Basrano, mengatakan jumlah personil saat ini diwilayah SAR Palu mencapai 54 personil sehingga ketika nantinya berdiri pos SAR yang akan didirikan di Kabupaten Tolitoli akan memerlukan relawan rescue yang akan membantu pihaknya dalam mengatasi berbagai bencana khususnya di bidang pencarian dan evakuasi.

“Saya sangat bersyukur betapa luar biasanya respon positif pak Bupati Tolitoli ,dengan adanya kehadiran Pos SAR di Tolitoli,”tutur Basrano kepada KabarSelebes.Id belum lama ini

ditambahkannya sampai saat ini baru dua pos perwakilan SAR yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Banggai dan Parigi Moutong selain itu melihat kondisi geografis dan jarak tempuh yang jauh dari ibu kota propinsi sehingga nantinya ketika pendirian pos SAR ini terlaksana bisa memback up wilayah di penghujung Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Buol.

BACA JUGA :  Lompat ke Laut Perbaiki Tali Speed Boat, Karyawan PT TOM Hilang di Perairan Dungingis Tolitoli

Dirinya berharap, dengan pendirian pos SAR di Kabupaten Tolitoli dapat mengakamodir seluruh tingkat kejadian baik itu terjadi di darat dan di laut agar bisa dilakukan respon cepat untuk segera menuju lokasi yang menjadi titik kecelakaan maupun bencana alam.(Moh.Sabran)