Sulawesi Tengah

Sejumlah Pejabat dan Keluarganya di Tolitoli jadi Korban Travel Abu Tours

546
×

Sejumlah Pejabat dan Keluarganya di Tolitoli jadi Korban Travel Abu Tours

Sebarkan artikel ini
Hj Diah Rahmawati Dg Parebba
Korban Abu Tours Tolitoli-2
Hj Diah Rahmawati Dg Parebba

TOLITOLI, Kabar Selebes– Fenomena terjadinya penipuan para calon jamaah  umrah biro perjalanan Haji dan Umrah milik Abu Tour bukan hanya terjadi di daerah lain seperti di Makassar Sulawesi Selatan dan Palembang Sumatera Selatan namun imbasnya juga terjadi di Kabupaten Tolitoli, sejumlah pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, beserta para keluarganya dikabarkan menjadi korban travel umrah yang berkantor pusat di Makassar Sulawesi Selatan.

Hj Diah Rahmawati Dg Parebba salah seorang korban Travel Abu Tours mengatakan, sebelum bergabung ke biro perjalanan umrah pada bulan Oktober 2017 lalu, ia bersama sang suami dan seorang anaknya ingin menunaikan ibadah umrah dengan mendaftarkan kepada salah satu agen Travel Abu Tours yang ditawarkan oleh seorang agen abu tour bernama Arpa. Atas dasar di desak oleh sang agen untuk melunasi pembayaran yang dijanjikan akan di berangkatkan pada bulan Februari 2018, akhirnya ia menyetorkan uang tersebut ke rekening agen yang bernama Arpa sebesar Rp18 Juta per orang dimana total keseluruhan yang ia setorkan berjumlah Rp54 Juta.

BACA JUGA :  Pembangunan Jembatan Palu V Dimulai

“Betapa kagetnya saya begitu saya, mendapat informasi dan menonton berita di TV bahwa abu tours bermasalah dan banyak calon umrah yang tertipu saya langsung menghubungi agen tersebut agar uang yang disetorkan sebelumnya dikembalikan,”ujar Diah Rahmawati Dg Parebba saat di temui Kabarselebes.Id di kediamannya. Jum’at (6/4/2018).

Dikatakannya, saat menghubungi agen tersebut sang agen bernama Arpa berjanji akan mengembalikan dana tersebut sebesar yang sudah disetorkan sebelumnya, namun setelah kedua kali dihubungi agen tersebut seolah-olah berkilah serta lepas tangan terkait dana tersebut karena Abu Tours saat ini lagi bermasalah serta sudah dibekukan dan di cabut ijin operasionalnya oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Menyikapi Teror di Polda Riau, Ini Pernyataan Kapolda Sulteng

Menurutnya, bukan hanya ia bersama suami dan anaknya yang menjadi korban penipuan calon Jamaah Umrah Travel Abu Tours, sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Tolitoli beserta keluarganya juga ikut menjadi korban diantaranya Sekretaris Kabupaten Tolitoli Mukaddis Samsudin, Kepala Bappeda Anhar Dg Mallawa, Kepala UPTB Samsat Wilayah VII Tolitoli Fitriani Ihwani, Nurdin Nadjamudin anggota DPRD dari PPP serta Resnawati Pabelu anggota DPRD dari Partai Golkar.

BACA JUGA :  Arus Mudik Lebaran 2017 Diprediksi Meningkat

Saat disinggung apakah kasus penipuan tersebut akan dilaporkan ke pihak berwajib, istri Wakil Bupati Tolitoli itu akan kembali melakukan pendekatan secara persuasif dan negosiasi jika agen Travel Abu Tours tersebut mempunyai itikad baik untuk mengembalikan dana yang sudah terlanjur ia setorkan, namun jika tidak mempunyai niat baik, terpaksa ia akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan ke pihak berwajib .(Moh Sabran)