Pilkada

Versi QC JSI, Tahajud Menang di Morowali

555
×

Versi QC JSI, Tahajud Menang di Morowali

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Quick count (QC) atau perhitungan cepat Lembaga Survei Jaringan Suara Indonesia menyatakan pasangan Taslim-Najamuddin (Tahajud) menang di Pilkada Morowali dan mengungguli empat pasangan lainnya.

Tahajud diusung partai Nasdem, Hanura, PPP, PKS dan Golkar memperoleh sementara 36,65% dari 90% suara masuk. Pasangan Sarifudin-Hafid-Chaerudin Zen (Demokrat-PAN) 28,14%, Ambo Dalle-Aminudin Awaludin (Gerindra, PDIP dan PBB) 23,59%, Silahudin Karim-Firdaus 3,96%, dan Haris Nunu-Ismail Suaib 7,66%

BACA JUGA :  PDIP Pastikan Diri ke Senayan, PKB Isi Kursi ke Enam, PAN dan PKS Berebut ke Tujuh Dapil Sulteng

“Hasil quickcount masih 90% karena kondisi geografis seperti di Menui Kepualauan yang telat sekitar dua jam memasukkan data, ” kata Rudi Ruswandi, Direktur Riset JSI, Rabu petang, 27 Juni 2018, saat jumpa pers di Kota Palu.

“Data yang masuk 65% dan yang belum masuk 35% tidak signifikan lagi. Kecenderungan pemilih ke Haris Nunu-Ismail Suaib (Harisma) dan tidak akan merubah posisi suara kandidat lain,” kata Rudi.

BACA JUGA :  Nasdem Sulteng Latih 98 Pelatih Saksi

Menurut Rudi, dari data yang dambil secara acak pada 220 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 252 TPS dengan sampling error plus minus 1 persen.

Rudi belum mau mengeluarkan perolehan suara. Kalau sampel kita tidak bias, khawatir dengan resiko.

“Bisa jadi ada klaim kandidat lain menang. Analisis harus utuh perzona.,” kata Rudi.

BACA JUGA :  Membanggakan, Film Anak Poso Diputar di Australia

Pilkada Morowali 2018, diikuti 5 pasangan, Taslim-Najamudin, Ambo Dalle-Aminuddin Awaludin, Sarifudin Hafid-Chaerudin Zen dari usungan partai politik. Dua pasangan perseorangan yaitu Silahudin Karim -Firdaus dan Haris Nunu-Ismail Suaib. (ptr)

Direktur Riset JSI, Rudy Ruswandi saat jumpa pers hasil Quick Count Pilkada Morowali. Foto: Patar