Sulawesi Tengah

Aksi Solidaritas Ketua AJI Palu, Jurnalis Tolitoli Datangi Polsek Baolan dan Polres Tolitoli

343
×

Aksi Solidaritas Ketua AJI Palu, Jurnalis Tolitoli Datangi Polsek Baolan dan Polres Tolitoli

Sebarkan artikel ini

TOLITOLI, KabarSelebes- para awak media yang tergabung dalam solidaritas Aliansi Jurnalis Tolitoli (AJTI) melakukan aksi unjuk rasa damai mengecam tindakan oknum Kanit Binmas Polsek Palu Timur terkait kasus dugaaan penganiayaan terhadap ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu Muhammad Iqbal.

Sambil berorasi puluhan jurnalis yang dari berbagai media baik cetak, media, online dan TV melakukan konvoi dengan mengelilingi sejumlah ruas jalan dalam kota Tolitoli dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Saat tiba di Mako Polsek Baolan Ketua Koordinator AJTI Hendri Lamo dalam orasinya mengatakan, mengutuk keras tindakan kasar dan arogan oknum Kanit Binmas Polsek Palu Timur Ipda Pirade yang melakukan kekerasan kepada pemimpin redaksi Radar TV Muhammad Iqbal saat melakukan razia di di kawasaan Eks STQ pada 23 Juni 2018 sekira pukul 21.00 wita.

BACA JUGA :  Basrano : Hadirnya KN SAR Bhisma Diharapkan Dapat Maksimalkan Penyelamatan

Usai menyampaikan orasinya dan diterima Kapolsek Baolan Iptu Army Casriyanto, para kuli tinta meminta kepada orang nomor satu di Polsek Baolan untuk menyatakan sikapnya terhadap insiden yang menimpa ketua AJI Kota Palu itu.

Kapolsek Baolan Iptu Army Casriyanto mengatakan, selaku insititusi kepolisian di Polsek Baolan sangat menyayangkan tindakan aksi yang dinilainya mencederai mitra antara kepolisian dan para awak media dikarenakan media merupakan mitra yang selalu membantu kepolisian dalam hal memberitakan informasi dan kinerja kepolisian di seluruh Indonesia.

BACA JUGA :  Perempuan Jenggala Yakin Raup 60 Persen Suara untuk Jokowi-Amin

“Dengan adanya kejadian di Kota Palu kami sangat menyayangkan tindakan tersebut dan saya minta kejadian ini jangan sampai terulang kembali,”jelas Iptu Army Casriyanto.

Usai mendatangi Polsek Baolan para jurnalis asal kota cengkeh itu langsung menuju Mako Polres Tolitoli dan melakukan orasi selama lima menit dengan dihadiri sejumlah perwira Polres Tolitoli.

BACA JUGA :  Hari Kesaktian Pancasila, Abdullah Latopada: Jangan Wariskan Dosa Masa Lalu

Kapolres Tolitoli AKBP M. Iqbal Alqudusy dihadapan para jurnalis mengungkapkan pihaknya mendukung aksi solidaritas para awak jurnalis di daerah ini dan aspirasi yang telah adukan disampaikan di teruskan kepada pimpinan pada tingkat Polda Sulteng dan Mabes Polri.

“Saya minta kepada para jurnalis mari kita bersinergi, kejadian di Kota Palu yang menimpa saudara M Iqbal kami jadikan pembelajaran agar kasus tersebut kembali tidak terulang,”pungkas AKBP M. Iqbal Alqudusy.(Moh Sabran)