Sulawesi Tengah

Pilkades Serentak 44 Desa Besok, Polisi Awasi Politik Uang

885
×

Pilkades Serentak 44 Desa Besok, Polisi Awasi Politik Uang

Sebarkan artikel ini

TOLITOLI, KabarSelebes – Direncanakan sebanyak 44 Desa dari 103 desa yang ada di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, besok akan menggelar Pemilihan Calon kepala Desa (Cakades) secara serentak pada Senin 30 Juli 2018. Untuk mengantisipasi adanya politik uang (money politic), Polres Tolitoli akan mengawasi dan menindak tegas oknum Cakades yang coba melakukan kecurangan.

Kapolres Tolitoli AKBP M Iqbal Alqudusy mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan menindak tegas oknum cakades yang kedapatan melakukan kecurangan dengan cara yang tidak baik salah satu dengan menggunakan money politik untuk memenangkan dirinya agar di pilih masyarakat

“Kami siap menerima laporan dan pengaduan masyarakat jika ditemukan adanya politik uang dan tentunya akan berkoordinasi dengan pengawas pemilihan Cakades disetiap desa yang menggelar Pilkades serentak,” tegas AKBP M Iqbal Alqudusy saat dihubungi KabarSelebes, Ahad (29/7/2018).

BACA JUGA :  Terlibat Kasus Korupsi, Pemda Poso Pecat 2 PNS

Masih menurut M Iqbal untuk pengamanan dari pihaknya sendiri dalam Pilkades serentak di 44 Desa yang ada di Kabupaten Tolitoli tetap melibatkan Bhabinkamtibmas yang juga akan di Back up langsung personil dari Polsek dan Polres Tolitoli dan upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadinya kerawanan antar calon pendukung cakades.

Dari pantauan yang dilakukan pihaknya jelang sehari pelaksanaan Pilkades serentak di 44 desa baik itu kesiapan surat suara dan pelipatannya sudah rampung dan saat ini dititip di Polsek-Polsek untuk keamanan sesuai kesepakatan dengan panitia pikades.

Tempat pemungutan suara sudah rampung di 44 Desa, serta kesiapan administrasi berupa panggilan untuk wajib pilih sudah diedarkan dan persiapan format Berita Acara sudah dipersiapkan oleh panitia.

BACA JUGA :  Roti Mamen Memang Bikin Ngiler, Buktikan Saja Sendiri...

Orang nomor satu di Polres Tolitoli itu berpesan kepada Cakades yang bertarung untuk siap menang dan siap kalah dalam pilkades serta mematuhi butir kesepakatan pilkades damai sehinggga situasi Tolitoli yang kondusif dapat berjalan dengan baik.

Dari data yang dihimpun KabarSelebes.Id, Pilkades 44 Desa di sembilan Kecamatan di Kabupaten Tolitoli yang akan digelar serentak pada Senin 30 Juli 2018 diantaranya Kecamatan Dampal Selatan di Desa Combo, Desa Bangkir, Desa Abbajareng, Desa Lempe, Desa Simuntu dan Lembah Harapan.

Untuk Kecamatan Dampal Utara sendiri terdiri, dari Desa Ogotua, Desa Tompoh, Desa Bambapula, Desa Malambigu, Desa Simatang Utara dan Stadong. Untuk Kecamatan Dondo yakni Desa Luok Manipi, Salumbia, Ogowele, Lais, Tinabogan, Lobuo, serta Ogowele Buga.

BACA JUGA :  IAIN Palu Bebaskan Biaya SPP Bagi  Mahasiswa yang Hafal 30 Juz Al Qur'an

Sementara Kecamatan Basidondo yakni Desa Basi, Labonu, Galandau.Disusul Kecamatan Lampasio diantaranya Desa Janja, Lampasio, Tinading Maibua, serta Ogomatanang.

Untuk Kecamatan Ogodeide ada Desa Batuilo, Muara Besar, Bilo, serta Sambujan. Sementara untuk Kecamatan Baolan diantaranya Desa Dadakitan, Buntuna, serta Lelean Nono. di Kecamatan Galang sedikitnya tiga Desa yakni Desa Lantapan, Desa Tinigi serta Desa Sabang. Serta di Kecamatan Tolitoli Utara sebanyak tujuh desa yakni Desa Santigi, Teluk Jaya, Laulalang, Salumpaga, Binontoan, Timbolo serta Lakuan Tolitoli.(Moh Sabran)

Persiapan Pilkades Kombo Tolitoli. (Foto Moh Sabran)