Ekonomi

Investor China Tertarik Bangun Pabrik Semen di Banggai

1853
×

Investor China Tertarik Bangun Pabrik Semen di Banggai

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Sebuah perusahaan semen asal China berencana melakukan investasi dan membangun pabrik semen di Kabupaten Banggai. Pabrik semen nantinya berkapasitas produksi 90 juta ton pet tahun memiliki luas areal 7.000 hektar dan sudah mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Hal ini terungkap setelah investor asal China,Project Director Wang Yong didampingi CEO PT Banggai Citra Lestari Budi Kurniadi menemui Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola didampingi sejumlah pejabat eselon 2 lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Senin 13 Agustus 2018.

Project Director Wang Yong didampingi Presiden dan CEO PT. Banggai Citra Lestari Budi Kurniadi kepada gubernur mengatakan pihaknya berencana membangun pabrik semen di Kabupaten Banggai.

BACA JUGA :  Kepala BPKP Sulteng Silaturahmi ke Walikota Palu

Untuk itu lanjut Budi, pihaknya telah melakukan survey ke lokasi Balantak,
Direncanakan ke depan perusahaan yang telah mengantongi IUP tersebut dapat memproduksi semen, 90 juta ton per tahun dengan luas areal 7000 hektar.

Menanggapi hal tersebut Gubernur Sulawesi Tengah memberikan apresiasi dan sangat mendukung rencana para investor tersebut.
Untuk itu gubernur akan mendukung dan memfasilitasi sepanjang hal tersebut merupakan tugas pokok dan fungsinya.

BACA JUGA :  Gempa Bumi 3,3 SR Guncang Palu dan Sekitarnya

Gubernur juga menyatakan keseriusannya akan membantu investor secara sungguh-sungguh apabila investor dimaksud mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku.

“Saya tidak main-main kalau ada investor yang ingin berinvestasi apalagi Sulawesi Tengah belum memproduksi semen, dan perusahaan tersebut sudah memiliki IUP, kami juga akan menfasilitasi dengan PLN,” sebut gubernur.

Akan tetapi, lanjut gubernur pihak perusahaan terlebih dahulu harus mengurus izin Amdal serta kelengkapan administrasi lainnya melalui pemerintah kabupaten setempat.

Dan yang tak kalah pentingnya soal legalitas kepemilikan lahan agar jangan sampai terjadi permasalahan dikemudian hari yang berujung saling gugat-menggugat, klaim- mengklaim hingga akhirnya ke proses PTUN sampai upaya banding.

BACA JUGA :  Walikota Palu-JICA Bahas Rencana Rekonstruksi Jembatan Palu IV

Atau dengan kata lain segalax harus fix dulu baru usaha dijalankan.

Hadir pada kesempatan itu, Asisten II Setdaprov Sulteng, Dr Bunga Elim Somba, M.Si, Kepala Badan Penanaman Modal Satu Pintu, Sandra Tobondo, M.Si, Manager PT. BCL, Djamaluddin Suali, Director Senior Seciogist PT. BCL Yusran Helmy, Managing Partners Husendro dan pihak terkait lainnya.***

GubernurSulteng H Longki Djanggola bersama investor asal China yang tertarik membangun pabrik semen di Kabupaten Banggai. (Foto Ismail)