Sulawesi Tengah

Kumtapala Fakum Untad Gelar Upacara HUT RI di Pantai Lero

1642
×

Kumtapala Fakum Untad Gelar Upacara HUT RI di Pantai Lero

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Kumtapala, Fakultas Hukum, Universitas Tadulako memilih cara pengibaran serta upacara bendera merah putih unik. Para mahasiswa ini melakukan upacara bendera di Pantai Lero Tatari, Kabupaten Donggala pada Jumat (17/8/2018) sekitar pukul 12.00 wita.

Pengibaran bendera di lokasi Pantai Lero Tatari merupakan pertama kali dilakukan oleh komunitas Mapala tersebut bersama nelayan setempat.

BACA JUGA :  Bupati Poso yang Mantan Marinir itu Masih Jago Menembak

Pembina Mapala Kumtapala Djamaluddin mengatakan bahwa Pantai Lero Tatari teretak di Kacamata Sindue, Donggala. Pilihan untuk pengibaran dilaut tersebut, karena kejernihan air di membuat pantai ini sangat cocok untuk diving dan snorkeling.

“Tempat ini belum banyak dijamah, sehingga untuk mencari inspirasi dan membuat pikiran jadi refresh sangat cocok, sehingga inisiatif muncul dari mahasiswa untuk membantu mengeksplore panti tersebut, untuk dijadikan agenda wisata buat masyarakat di Sulawesi Tengah,”kata Djamaluddin yang juga dosen di Fakultas Hukum.

BACA JUGA :  Selundupkan Sabu 1,46 Ons ke Tolitoli, Dua Wanita Asal Tarakan Ditangkap Polisi 

Menurutnya, kedatangan Mapala Kumtapala di lokasi tersebut, tidak hanya melakukan pengibaran bendera, namun mahasiswa yang tergabung dalam pencinta alam itu, melakukan aksi bersih pantai sepanjang bibir pantai dengan melibatkan nelayan dan warga setempat.

Pantai Lero Tatari terletak di Sindue, salah satu nama Kecamatan dari 15 Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Donggala. Kecamatan Sindue berada diwilayah Pesisir pantai Barat dari Ibu Kota Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Kecamatan Sindue berjarak kurang lebih 30 Km dari kota Palu Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah, 65 Km dari  Ibu Kota Kabupaten melalui jalan darat dan ± 5 mil ditempuh melalui jalur laut. (Arjan)

BACA JUGA :  Serahkan B1-KWK, NasDem Resmi Dukung Kasman Lassa di Pilkada Donggala