Polisi Tangkap 2 Wanita Penyebar Video Hoaks Jatuhnya Pesawat Lion Air

Ilustrasi: Pesawat Lion Air (Koko/JawaPos.com)
Ilustrasi: Pesawat Lion Air (Koko/JawaPos.com)

KabarSelebes.id – Bareskrim Polri menangkap dua tersangka penyebar hoaks foto dan video pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Ujung Karawang, Jawa Barat. Dua tersangka merupakan perempuan yang berinisial A (30) dan S (33).

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, kedua tersangka memposting hoaks di media sosial. Untuk tersangka A ditangkap di Kabupaten Pangandaran, sedangkan tersangka S ditangkap di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Tersangka A memposting foto dan video hoaks pesawat Lion Air JT 610, sedangkan S memposting video berbeda, tapi menyerupai pesawat yang mengalami kecelakaan,” kata Dedi kepada kumparan, Senin (5/11).

BACA JUGA :  Sekprov Hidayat Sidak Markas BPBD Sulteng

Berdasar pemeriksaan polisi, motif kedua tersangka memposting hoaks jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 karena ingin ikut mendoakan para korban.

“Hanya sebatas untuk menunjukkan keprihatinan dan turut berbelasungkawa atas kejadian kecelakaan tersebut,” kata Dedi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal Pasal 14 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana yang berbunyi: “Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong.”

BACA JUGA :  Pemkot Palu Minta Warga Tetap Waspada soal Tanah Bergerak

“Keduanya diancam hukuman penjara setinggi-tingginya 3 tahun,” kata Dedi.

Sumber : Kumparan.com

Silakan komentar Anda Disini….
BACA JUGA :  Diputus TMS, Bayu Alexander Montang Sebut Hak Politiknya Dikebiri, KPU: Akan Kami Umumkan di TPS