Sulawesi Tengah

Gelontorkan Rp20 M, CT Warning Kontraktor

371
×

Gelontorkan Rp20 M, CT Warning Kontraktor

Sebarkan artikel ini

SIGI, Kabar Selebes – Chairman CT Corp, Chairul Tanjung (CT) mengingatkan para kontraktor yang mengerjakan proyek-proyek di daerah bencana seperti di Kabupaten Sigi, Donggala dan Kota Palu. CT Corp menggelontorkan Rp20 miliar untuk pembangunan 9 unit sekolah dan tiga unit masjid, pasca bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi.

Chairul Tanjung meminta kepada kontraktor untuk senantiasa memperhatikan kualitas bangunan.

“Jangan dikorupsi besi-besinya supaya bangunannya kuat. Kalau ada gempa lagi, bangunan tetap berdiri kokoh,” kata Chairul Tanjung usai peletakan batu pertama SDN 1 Lolu Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Minggu, 9 Desember 2018.

BACA JUGA :  Edarkan Sabu Milik Napi Lapas Petobo, Pria Ini tak Berdaya Dicokok Polisi

Bupati Sigi Moh Irwan berterima kasih atas bantuan pembangunan 4 sekolah dan 1 masjid di wilayah Sigi. APBD terbantu dgn adanya bantuan ini.

Bupati juga menyatakan bencana ini, kita tidak boleh terus berduka. Kita harus tetap bergerak dan membangun.

Chairul Tanjung mengatakan adalah hasil dari gabungan yg dilakukan, sunbangan dari pemirsa Trans Media, Trans TV, Trans T7, CNN, detikcom, CNBC, Transvision. Bantuan juga datang dari program tabungan Bank Mega, sebagian bunganya untuk sumbangan pembangunan sekolah-sekolah.

“Semuanya digabung jadi satu, sehingga lumayan besar dan kita jadi saksi sejarah pembangunan permanen pertama pasca bencana. Selesai 6 bulan dan akan lebih baik dari sekolah sebelumnya. Rumah ibadah selesai sebelum Ramadhan, tahun depan. Tentu kita berharap bangunan ini nanti digunakan sebagaimana mestinya,” kata Chairul Tanjung.

BACA JUGA :  Polisi Gunakan Helikopter Bantu Percepat Distribusi Logistik di Banggai

Chairul Tanjung juga meminta kepada kontraktor agar benar-benar membangun sesuai dengan ketentuan.

Di kesempatan sama, Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengaku pemerintah daerah kehilangan berbagai infrastruktur seperti sekolah dasar di Lolu ini. Bantuan ini sangat berarti bagi kami, terutama pemerintah karena sudah berkurang beban untuk pembangunan.

“Dengan bantuan ini, kami sangat terbantu dengan adanya dukungan swasta seperti CT Corp,” ujar Longki.

BACA JUGA :  Ikut Pelatnas, Dua Pemain Takraw Putri Sulteng Berpeluang Tampil di Asian Games 2018

Longki juga mengingatkan kepada kontraktor agar membangun sesuai ketentuan pembangunan dari daerah pasca bencana.

Untuk kelangkaan bahan bangunan seperti semen, Longki mengaku sudah menyampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo. Dia meminta agar perusahaan semen dibawah Kementerian BUMN memperhatikan pasokan semen ke wilayah Sulawesi Tengah agar pembangunan kembali pasca bencana berjalan lancar.

“Sekarang semen sudah tidak langka lagi dan harganya pun sudah harga normal,” kata Longki. (patar)

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola meletakkan batu pertama pembangunan SDN I Lolu, Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Minggu, 9 Desember 201i, disaksikan Chairman CT Corp Chairul Tanjung. Foto Patar