Sulawesi Tengah

Ini Upaya ForBes Indonesia Bantu Pemulihan Korban Bencana Gempa Bumi

287
×

Ini Upaya ForBes Indonesia Bantu Pemulihan Korban Bencana Gempa Bumi

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Percepatan pemulihan ekonomi korban gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) terus dilakukan oleh Forum Bersama (ForBes) Indonesia.

Organisasi masyarakat ini terus melakukan aksi nyata dengan membuat beberapa program khusus kemanusiaan di Pasigala, diantaranya adalah memberikan bantuan Hunian Sementara (Huntara) 70 unit di Donggala, pembangunan rumah darurat ibadah di Desa Maranatha, Kabupaten Sigi, membangun pasar jajanan bagi korban, dan memberikan bantuan permodalan UMKM serta pembangunan Taman Pendidikan Alquran.

“Untuk pembangunan huntara kami sudah lakukan dan tadi peletakan batu pertama di Desa Tanjung Padang, Donggala dan pembuatan pasar jajanan di depan Sekretariat ForBes Indonesia Jalan Setiabudi, Kota Palu,” kata Ketua Umum ForBes Indonesia Ronny Tanusaputra, Minggu (9/12/2018) dalam keterangan tertulis kepada Kabar Selebes.

Dia menjelaskan, bantuan yang dilakukan bertujuan untuk menyegerakan pemulihan korban bencana. Dan tentunya dana pembangunan itu berasal dari dana internal ForBes Indonesia dan sejumlah donatur salah satunya adalah Yayasan Bina Mulia, Yayasan Kasih Ibu dan beberapa donatur yang telah mengirimkannya ke rekening ForBes Indonesia.

BACA JUGA :  Brankas Keuangan Pemkab Morut Dibobol Maling

Pihak ForBes lanjutnya juga mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli terhadap korban Pasigala. Apalagi saat ini hampir seluruh korban terdampak mengalami kesulitan ekonomi.

“Kami mengajak semua masyarakat untuk ikut mendonasikan bantuannya agar digunakan dalam pemulihan korban Pasigala, ” tambahnya.

Saat ini juga kata dia, tim ForBes Indonesia terus melakukan penggalangan dana baik secara online maupun turun langsung ke daerah. Dan hasilnya kata dia, masyarakat sangat antusias menyerahkan donasinya.

“Untuk memulainya tim ForBes saat ini sudah berada di Banggai Kepulauan untuk menggalang dana, mereka turun dari kampung ke kampung , melakukan kegiatan konser amal, dan kegiatan lainnya. Semua masyarakat sangat antusias, ” jelasnya.

BACA JUGA :  Genpi Sulteng Gencarkan Promosi Festival Tenun Sulawesi Tengah

Disambut Baik Masyarakat

Sementara itu, Kepala Desa Kampung Baru, Kecamatan Tinangkung Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan Fadli mengatakan, masyarakatnya menyambut baik kehadiran ForBes Indonesia di kampungnya, khususnya dalam penggalangan dana.

“Kami merasa terpanggil untuk membantu saudara kami disana, hanya saja tidak tahu dimana harus menyerahkan bantuannya. Dan saya sudah mengumumkan kepada masyarakat untuk menyumbang silahkan diberikan dikantor desa, dan akan kami kirimkan ke rekening ForBes Indonesia, ” kata Fadli saat penggalangan yang dilakukan oleh ForBes Indonesia, Sabtu malam (8/12/2018)

Selain Fadli, Rahmad Adam tokoh masyarakat di desa itu juga mengaku ikut terpanggil melakukan aksi kemanusiaan . Bahkan ia menanyakan prosedur untuk bisa bergabung di ForBes Indonesia.

BACA JUGA :  Mendag Soroti Tingginya Harga Telur Ayam

“Saya ingin jadi relawan dan menjadi pengurus ForBes Indonesia, tolong saya dimasukan agar saya bisa bermanfaat untuk daerah saya pak, ” pinta Rahmad kepada koordinator divisi komunikasi Andri Gultom yang hadir di Bangkep.

Sementara itu, Andri Gultom mengatakan, antusias masyarakat Bangkep terhadap ForBes Indonesia sangat tinggi. Meski sebahagian masyarakat juga memiliki ekonomi yang lemah, namun mereka ikut memberikan donasinya. Kata dia , timnya saat ini terus mengunjungi beberapa desa di Bangkep untuk menggalang dana.

“Selain mensosialisasikan ForBes Indonesia, penggalangan juga kami lakukan dari pulau ke pulau, salah satunya adalah pulau Bakalan, Kecamatan Tinangkung,” kata Andri.

Kedepan kata dia, pihaknya juga akan melanjutkan penggalangan di Banggai Laut dan Banggai.

“Kami terus melakukan penggalangan dana agar semua program yang telah disusun bisa terlaksana dengan baik,” tutupnya. (***)