Sulawesi Tengah

Kakanwil Kemenkum HAM Sulteng Diganti

490
×

Kakanwil Kemenkum HAM Sulteng Diganti

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulteng Juliasman Purba, hari ini diganti. Juliasman bertugas di Sulawesi Tengah selama 8 bulan 2 hari.

Juliasman menyampaikan permohonan maaf atas tindakan yang disengaja maupun tidak disengaja selama memimpin Kanwil Kemenkum dan HAM Sulteng. Apalagi Sulawesi Tengah dilanda bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi.

Sementara itu pejabat baru Zulkifli SH MH yang berdarah Aceh itu membacakan pantun sebagai tanda perkenalannya kepada undangan, termasuk Gubernur Sulteng H Longki Djanggola.

Zulkifli juga meminta dukungan dari jajaran Kementerian Hukum dan HAM Sulteng dalam menjalankan tugas dan menyukseskan program kerja.

BACA JUGA :  Juni, TPK Hotel Bintang 30,07%, Turun 19,44%

Sementara Juliasman Purba menempati jabatan baru sebagai Kepala Kanwil Hukum dan HAM RI Kalimantan Tengah di Palangkaraya.

Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola mengatakan rotasi jabatan yang dialami Kakanwil Kemenkum dan HAM adalah lumrah. Dan itu juga terjadi di pemerintah daerah.

“Karena perintah pimpinan yah harus dijalankan,” ujar Longki menirukan perbincangannya dengan Juliasman.

Lanjut Longki, bencana gempa bumi kemarin menjadi kenangan yang tidak akan dilupakan seumur hidup. “Sama-sama merasakan tidur di lantai beratap langit dan ini tidak akan terlupakan seumur hidup Pak Juliasman,” kata Longki.

BACA JUGA :  Huntara Bantuan Bank Indonesia Belum Dialiri Listrik

Longki juga mensosialisasikan peta zona rawan bencana. Zona merah (sesar Palu Koro) seperti Balaroa, Petobo dan Jono Oge dilarang keras membangun. Bagi warga yang berada di sekitarnya juga direlokasi ke tempat yang sudah ditetapkan.

Seluruh Indonesia itu punya sesar jadi tidak usah kemana-mana. Kemanapun kalau sudah ajal, tetap akan mengalaminya. Jadi kita bersahabat saja dengan bencana. Kita tetap saja dimana kita berdinas.

BACA JUGA :  Pemilihan Wagub Sulawesi Tengah Tertunda Lagi

Longki juga meminta kepada Zulkifli untuk berkoordinasi dengan Polda untuk mengejar napi-napi yang belum kembali. Kalau perlu hukuman ditambah untuk memberikan efek jera. Sedangkan napi yang kembali dengan kesadaran sendiri bahkan diusulkan untuk mendapatkan remisi.

“Saya sudah menyurat ke Dirjen Pemasyarakatan untuk memberikan remisi bagi napi yang kembali dengan kesadaran sendiri pasca bencana,” kata Longki. (patar)

Bekas Kakanwil Kemenkum dan HAM Sulteng Juliasman Purba (kanan) menyerahkan memori kepada penggantinya Zulkifli, Jumat, 21 Desember 2018. Foto Patar