Sulawesi Tengah

Ciptakan Pemilu 2019 Damai, Panwaslu dan PPK Galang Tolitoli Gelar Deklarasi

545
×

Ciptakan Pemilu 2019 Damai, Panwaslu dan PPK Galang Tolitoli Gelar Deklarasi

Sebarkan artikel ini

TOLITOLI, Kabar Selebes- Deklarasi damai yang digagas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Galang serta Forum pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Galang digelar secara sederhana dilapangan batu bangga Desa Lalos Kecamatan Galang Jumat 18 Januari 2019.

Dengan mengangkat tema Deklarasi pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 aman, damai dan sejuk di Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri empat perwakilan tokoh agama dimana salah satu perwakilan membacakan fakta integritas.

Seluruh penyelenggara pemilu, pemangku kepentingan serta perwakilan parpol se Kecamatan Galang bertekad agar pemilihan umum 2019 terselenggara dengan penuh integritas.

BACA JUGA :  Kurang Konsentrasi, Pengemudi Avansa di Tolitoli Tabrak Tiang Listrik 

Ada delapan poin yang disepakati dan dituangkan dalam fakta integritas diantaranya menyelenggarakan pemilu berdasarkan asas langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil secara profesional, efektif dan efesien.

Kedua memenuhi hak konstitusional masyarakat se Kecamatan Galang untuk menggunakan hak pilihnya secara baik dan menjaga suara pemilih sebagai mana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Ketiga memperlakukan secara adil, imparsial dan non partisan kepada peserta pemilu dan para pihak yang memiliki prefensi politik tertentu tanpa terkecuali. Keempat membuka akses publik untuk mendapatkan sosialisasi, informasi dan berpartisipasi dalam setiap tahapan pemilu.

BACA JUGA :  VIDEO: Akses Poros Palu-Kulawi Sudah Bisa Dilalui Pasca Banjir Bandang

Kelima menolak pemberian permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik secara langaung atau tidak langsung yang memeberi harapan yang menyimpang dari prinsip-prinsip pemilu yang jurdil bagi peserta pemilu, calon peserta pihak-piha yang memiliki preferensi politik tertentu.

Keenam mencegah terjadinya penganggaran pemilu oleh peserta, simpatisan, masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA :  Nyinyir Soal TKA, Hidayat Lamakarate: Waktu Morowali Butuh 2.000 Tenaga, Hanya 80 yang Mendaftar

Ketujuh bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mensukseskan dan meningkatkan kualitas pemilu dengan tetap menjunjung tinggi prinsip kemandirian imparsialitas non partisan dan adil, dan kedelapan bersama- sama menciptakan suasana aman, nyaman dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu 2019.

Usai dibacakan fakta integritas dan sambutan dari para forkopimca Kecamatan Galang, dan penyelenggara pemilu dilanjutkan dengan membubuhkan tanda tangan di sebuah baliho berukuran sedang, dan dua lembar kain putih yang disediakan langsung oleh panitia deklarasi.(Moh Sabran)