Sulawesi Tengah

Sukseskan Swasembada Pangan, Sejumlah Babinsa Kodim 1307 Poso Bantu Petani

798
×

Sukseskan Swasembada Pangan, Sejumlah Babinsa Kodim 1307 Poso Bantu Petani

Sebarkan artikel ini

POSO, Kabar Selebes- Dalam mendukung program Upaya Khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Pajale) sejumlah Babinsa di wilayah Koramil Kodim 1307 Poso bantu petani dalam kegiatan pendampingan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan prajurit TNI dilapangan untuk membantu petani mensukseskan swasembada pangan Pajale.

Pendampingan petani itu seperti yang dilakukan Babinsa Desa Toinasa, Sertu Barnabas dari Koramil 1307-11 Pendolo. Sertu Barnabas pada Kamis 17 Januari 2019 melakukan pendampingan Upsus pajale tahap perawatan dengan melaksanakan penyemprotan hama di kelompok tani Bangun Sejahtera yang diketuai Bareta dengan luas lahan kurang lebih 1 hektar.

BACA JUGA :  Usai Ngamuk di Pelantikan, Wabup Tendang Mobil Dinas Bupati Morut Hingga Rusak

Sementara Babinsa Desa Salukaia Kecamatan, Pamona Barat, Serda Alfrian juga melakukan pendampingan Upsus di kelompok tani Loba dengan membantu pelaksanaan tahap pengolahan persiapan penanaman padi milik ketua kelompok tani bapak Gede seluas kurang lebih 1,50 hektar.

Danramil 1307-11 Pendolo, Letda Inf Sonny Sukirno mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI melalui Babinsa terhadap wilayah binaannya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara petani dan Babinsa.

BACA JUGA :  Nasdem Menyebut Tiga Pilar Ini Bisa Jadi Pemenangan Pilkada

Menurutnya, peran Babinsa dalam meningkatkan produksi pajale adalah sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan pertanian dalam pengelolaan sawah dengan petani atau kelompok tani.

Tak hanya itu dihari berbeda anggota Babinsa dari Koramil 1307-02 Tentena, Sertu Yohan Sangian juga membantu petani dalam melaksanakan pendampingan upsus Pajala penyiangan padi di hamparan kelompok tani Burayu II
di lahan milik petani Paris Kayori seluas 1 hektare are.

BACA JUGA :  Resahkan Warga, Pembalap Liar di BC Tolitoli Ditangkap Polisi, Belasan Motor Disita

Selain itu pula di wilayah Tojo Una-Una (Touna) anggota Babinsa Koramil 1307-06 Wakai Serka Venisman dan Sertu Irsan bersama Penyuluh Petani Lapangan (PPL) melakukan peninjauan rencana pembuatan lokasi cetak sawah
tahun 2019 di beberapa desa yang ada di Kecamatan Togen.

Dandim 1307 Poso Letkol Inf Catur Sutoyo mengapresiasi peran Babinsa yang membantu petani dalam program Upsus pajale. Karena apa yang dilakukan Babinsa merupakan suatu hal yang sangat positif kedekatan TNI dan masyarakat.(RYN. Gode)