TNI Bantu Verifikasi Bukti Keseriusan Pemerintah Pusat

oleh -

SIGI, Kabar Selebes – Bupati Sigi Moh Irwan Lapata menyatakan pelibatan personil TNI merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam membantu menghasilkan data benar-benar akurat dan tidak ada rekayasa.

Hal itu disampaikan Moh Irwan usai menyaksikan penyerahan bantuan IM Japan di Desa Lanagaleso, Kecamatan Dolo, Jumat, 8 Februari 2019.

“Saya melihat itu positif untuk memperoleh hasil yang akurat dan tidak ada unsur rekayasa,” kata Irwan Lapata.

Menurut Irwan, kemungkinan besar akan ada kenaikan atau perubahan data dari hasil verifikasi nantinya tapi tidak besar. Diperkirakan sekitar satu persen lebih.

Untuk dana stimulan, kata Irean, masih menunggu petjnjuk pelaksana dan petunjuk teknis.

“Saya belum bisa mengomentari lebih jauh karena aturannya belum ada berupa petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis,” kata Irwan.

Bagi warga yang sudah memperbaiki sendiri rumahnya yang rusak tetap akan diberikan hak mendapatkan dana stimulan.

“Jadi dana stimulan itu nantinya ibarat ganti rugi,” ujarnya.

Sebelumnya, disepakati tiga bank untuk menyalurkan dana stimulan dan dana santunan korban bencana gempabumi, tsunami dan likuifaksi di empat wilayah, Kota Palu .Sigi, Donggala dan Parigi Moutonh.

Ketiga bank itu adalah Bank Mandiri untuk Kota Palu, BNI untuk Kabupaten Sigi dan BRI untuk Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong.

Untuk data korban meninggal dunia, kata Irwan, ada penambahan jumlah karena keluarga yang kerabatnya dinyatakan hilang sudah sepakat untuk dinyatakan disebut meninggal dunia. Data terakhir menyebutkan 440 korban meninggal dunia dari data korban meninggal dunia sebanyak 289 jiwa sebelumnya.

Sementara itu, CEO IM Japan Yana Gisawa menyampaikam rasa simpati dan belasungkawa atas jatuhnya korban saat bencana melanda di Sulawesi Tengah.

“Setelah saya diajak berkeliling oleh Sekprov Hidayat Lamamkarate, saya memutuskan memberikan kesempatan kepada warga terdampak bencana untuk mengikuti program magang ke Jepang,” kata Yana Gisawa.

Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate meminta agar peluang untuk mengikuti program magang ke Jepang merupakan kesempatan baik dan harap dimanfaatkan dengan baik. (patar)

Tonton Juga:

https://www.youtube.com/watch?v=FAZ1vPKjgXo&t=33s

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 60 times, 1 visits today)