Pascabencana, Pemkot Palu Persiapkan Kota Baru

  • Bagikan

PALU, Kabar Selebes – Pascabencana gempabumi, tsunami dan likuifaksi, Pemerintah Kota Palu sedang mempersiapkan pembangunan sebuah kota baru di kawasan Tondo-Talise. Kota baru nantinya akan dibangun hunian tetap, perkantoran, sarana pendidikan., rumah sakit dan sarana hiburan. Seluruhnya akan berdiri di atas lahan seluas 1.066 hektar dan master plan sudah selesai disusun.

Untuk hunian tetap, Pemkot Palu terus berusaha mendapatkan bantuan rumah sebagai hunian tetap bagi korban bencana gempabumi, tsunami dan likuifaksi. Korban yang mendapatkan bantuan hunian tetap adalah warga yang kehilangan rumah akibat tsunami dan likuifaksi.

Walikota Palu Hidayat mengatakan sejumlah donatur siap membangun rumah untuk hunian tetap antara lain Yayasan Buddha Tzu Chi sebanyak 2.000 unit, Alkhair Foundation Inggris sebanyak 400 unit, Yayasan Bumi Bhakti sebanyak 150 unit tapi berusaha bantu 1.000 unit, Walikota Surabaya sebanyak 15 unit, Kementerian PUPR sebanyak 1.200 unit serta Yayasan Hadji Kalla.

“Kita butuh sekitar lima ribu unit untuk hunian tetap dan tersebar di Tondo-Talise, Duyu dan Petobo. Kalau melihat kesiapan donatur dengan jumlah bantuan maka akan mencukupi target hunian tetap,” kata Hidayat, Jumat sore, 15 Februari 2019.

Saat ini, kata Hidayat sedang dipersiapkan lahan dan infrastruktur di belakang Kampus Universitas Tadulako. Rumah contoh tipe 36 dengan luas lahan 10 X 15 meter persegi bahkan sedang dibangun. Pemkot Palu menganggarkan Rp100 miliar untuk sarana jalan dengan rencana enam lajur. “Master plan sudah selesai dan sedang dilakukan pengukuran dan pekerjaan jalan,” kata Hidayat.

Selain perumahan hunian tetap, Pemkot Palu juga sedang mempersiapkan lokasi hiburan dan taman rekreasi hutan kota Kaombona.

“Sejumlah pihak sudah siap membantu untuk melengkapi sarana hiburan dan kuliner,” kata Hidayat.

Pemerintah kota menyiapkan sarana air bersih bersumber dari Poboya dan jaringan listrik bawah tanah. “Kita tidak lagi melihat bentangan kabel, semua jaringan di bawah tanah.

Begitupula dengan sarana kesehatan, Rumah Sakit Anutapura akan dipindahkan ke kawasan kota baru. Lokasinya saat ini sudah tidak layak dan parkiran yang sempit dan akan dibangun rumah sakit tipe C. (patar)

Tonton dan Subscribe channel Kabar Selebes TV :

https://youtu.be/bxdiaPpPHTQ

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan