Nasional

Gempabumi Bermagnitudo 4,5 Guncang Donggala

414
×

Gempabumi Bermagnitudo 4,5 Guncang Donggala

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – BMKG Palu merilis terjadinya guncangan gempabumi, Rabu, 20 Februari 2019 pukul 09:52 WITA, wilayah Tambu (Kab. Donggala), Propinsi Sulawesi Tengah.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.03 LS – 119.81 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tambu, 8 km arah barat Tambu (Kab. Donggala), Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km,” kata Cahyo Nugroho, Kepala Stasiun Geofisika Palu.

BACA JUGA :  BI Sulteng Buka Bersama Ratusan Pengungsi Balaroa

Dalam keterangan tertulisnya, menurut Cahyo, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Tambu.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan III MMI di Sirenja;II MMI di Talise dan Donggala; . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Cahyo.

BACA JUGA :  Walikota Palu Tinjau Proyek Reguler dan Pascabencana

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG. (***/patar)