Yayasan Buddha Tzu Chi Mulai Bangun Huntap

  • Bagikan

PALU, Kabar Selebes – Yayasan Buddha Tzu Chi merealisasikan janjinya membangun hunian tetap 1,000 unit bagi korban terdampak bencana gempabumi, tsunami dan likuifaksi, 28 September 2018 lalu. Anggarannya mencapai Rp100 miliar dan ditargetkan selesai dalam waktu empat bulan ke depan.

Realisasi itu terlihat dengan dilakukannya peletakan batu pertama Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako I Tondo di belakang Kampus Universitas Tadulako, Senin, 4 Maret 2019.

Walikota Palu Hidayat mengatakan pembangunan hunian tetap ini hasil perjuangan panjang yang dilakukan Pemerintah Kota. “Setidaknya ada lima kali pertemuan dengan pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi di Jakarta untuk memastikan kesiapan mereka mau membangun hunian tetap,” kata Hidayat.

Huntara Budha Tsu Tzi (1)

Kita berharap, dengan pembangunan huntap ini akan mempercepat masa tinggal warga terdampak bencana berada di hunian sementara dan tenda-tenda.

Pembangunan huntap di Tondo sebanyak 1.000 unit dan 500 unit di Kelurahan Duyu. Yayasan ini juga akan membangun seribuan unit huntap di Pombewe, Kabupaten Sigi.

Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuna alias Aguan mengatakan runah hunian tetap yang dibangun ini layak huni dan tahan gempa.

“Soal kenyamanan, itu kembali kepada masing-masing,” kata Aguan.

Pengusaha properti ternama itu juga mengatakan, selain membangun huntap juga akan membangun fasilitas umum dan fasilitas khusus serta sarana penunjang lainnya.

Selama pembangunan huntap, juga akan melibatkan masyarakat lokal untuk bekerja. “Kita berdayakan mereka dengan ikut bekerja di proyek pembangunan ini,” kata Aguan. (patar)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan