Tolak Bantuan Material, Korban Likuifaksi Sigi Minta Stimulan Berbentuk Tunai

  • Bagikan
Salah satu warga menandatangani spanduk penolakan terhadap mekanisme dana stimulan. Foto : Faldi Pocici/SuluhMerdeka

SIGI, Kabar Selebes – Ratusan warga Kabupaten sigi, yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Forum Penyintas Sidera dan Jono Oge, menggelar aksi penandatanganan petisi di salah satu shelter lembaga kemanusiaan di desa Sidera, Kabupaten Sigi pada Kamis 7 Maret 2019.

Ratusan warga ini menandatangani petisi yang berisikan menolak mekanisme penyaluran dana stimulan, serta hunian tetap (HUNTAP) dan santunan duka yang diberlakukan oleh pemerintah.

Menurut mereka, syarat untuk mendapatkan dana stimulan, huntap serta santunan duka ini sangat berbelit-belit dan menyusahkan warga, khususnya Warga Petobo dan Sidera yang menjadi korban terdampak bencana gempabumi dan likuefaksi pada 28 september 2018 lalu.

”Kita menunggu kepastian tidak tau kapan, tidak tau sekarang ini kita mau di kemanakan. Baru kita sudah tidak punya apa,” tutur Nirwan, ketua Forum Penyintas Sidera dan Jono Oge.

Tidak hanya itu, ratusan warga ini juga meminta agar dana stimulan tersebut disalurkan dalam bentuk uang, bukan dalam bentuk bahan bangunan.

”Kalau disini kan tidak zona merah, kita menolak keras dana stimulan itu dibagi dalam bentuk bahan bangunan. Lebih baik uang saja,” tambahnya.

Selain ratusan massa dari dua desa tersebut, penandatanganan petisi ini juga dihadiri oleh ketua pansus pengawasan penyelenggaraan bencana atau P3B, DPRD provinsi Sulawesi Tengah.(Rangga Musabar)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan