Mayor Gusti Nyoman Mertayasa Kini Jabat Komandan Batalyon 714 Poso

  • Bagikan

POSO, Kabar Selebes- Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako, Kolonel Infanteri Agus Sasmita melantik posisi jabatan baru Komandan Batalyon Infanteri (Danyon) 714 Sintuwu Maroso Poso.

Danrem Agus Sasmita melantik Mayor Inf Gusti Nyoman Mertayasa sebagai Danyon 714 SM menggantikan Danyon sebelumnya Mayor Inf Arianto Maskare.

Acara pelantikan tersebut dilakukan dalam sebuah upacara serah terima jabatan (sertijab) di lapangan Batalyon 714 SM, Sabtu 16 Maret 2019.

Sertijab dihadiri langsung Wakil Bupati Poso, Samsuri, Ketua DPRD Poso, Ellen Pelealu, Kepala Ops Tinombala, Kombes Pol Susnadi, tokoh agama, tokoh masyarakat, para forkominda dan ratusan gabungan TNI, Polri.

Upacara sertijab Danyon baru ditandai dengan penyerahan bendera kesatuan, tanda pangkat dan tongkat komando yang dipimpin langsung Danrem 132 Tadulako.

Danrem Agus Sasmita menyampaikan, jika sertijab tersebut merupakan implementasi dari pembinaan karier dilingkungan TNI, termasuk Batalyon 714 SM Poso.

Sertijab merupakan salah satu bentuk penyegaran organisasi, dimana Danyon yang lama Mayor Infanteri Arianto Maskare telah bertugas di Poso selama 1 tahun lebih sehingga perlu dilakukan penyegaran.

“Sertijab Danyon ini merupakan mekanisme dan pembinaan karir bagi personil TNI –AD dengan harapan untuk menjaga kesinambungan roda organisasi, demi mencapai tujuan pembinaan satuan secara maksimal dalam mendukung tugas-tugas pokok TNI-AD,” ucap Agus Sasmita.

Menurutnya, Batalyon 714 SM Poso adalah Batalyon yang diperkuat dan memiliki tugas pokok untuk melaksanakan pertempuran didarat ,serta tugas lain atas perintah komando pusat. Sehingga jabatan sebagai Danyon memiliki tugas dan tanggung jawab yaitu memelihara dan meningkatkan kemampuan dan kesatuan dengan melaksanakan enam aspek pembinaan kesatuan salahsatunya pembinaan organisasi.

“Saya berharap tugas Danyon yang baru tetap melanjutkan prestasi Danyon yang lama termasuk meningkatkan koordinasi dengan Pemda setempat dalam menyikapi segala potensi permasalahan yang akan terjadi dan tetap menjaga keamanan yang tetap kondusif,” ungkapnya.

Mayor Inf Gusti Nyoman Mertayasa yang kini menjabat sebagai Danyon 714 SM Poso sebelumnya bertugas di Kodam XIII Merdeka menjabat sebagai Pabandya Renops. Sementara Danyon lama Mayor Inf Arianto Maskare bertugas ditempat baru menjabat sebagai Danyon Taruna Akmil Magelang, Jawa tengah.

Dihari yang sama selain sertijab Danyon 714 Poso, juga dilakukan sertijab ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 63 Yonif 714 Koorcabrem 132 Tadulako. Ketua persit sebelumnya Ny Arianto Maskare Subagyo kini digantikan Ny Gusti Nyoman Mertayasa.

Seluruh rangkaian serah terima jabatan Danyon 714 SM diramaikan dengan aksi beladiri Yong Modo yang selanjutnya ditutup dengan acara ramah tamah antara pejabat lama dan baru.(RYN.Gode)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan