KPU Poso Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

POSO, Kabar Selebes- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Poso, Sulteng memusnahkan tujuh ribu sembilan ratus tiga puluh dua lembar kertas surat suara pemilu 2019. Senin malam 16 April 2019.

Ribuan surat suara yang dimusnahkan dengan cara dibakar itu merupakan surat suara yang dikategorikan dalam keadan rusak maupun cacat.

Dimana acara pemusnahan kertas surat suara digelar dihalaman kantor KPU Poso dan disaksikan langsung oleh Bawaslu, TNI dan kepolisian setempat.

BACA JUGA :  Agar Tak Dicuri, BMKG Pasang Papan Keterangan di Setiap Shelter Sensor Gempa Bumi

Sebelum dimusnahkan 7.932 surat suara tersebut terlebih dahulu dilakukan penghitungan secara manual untuk memastikan jumlah keseluruhan kertas yang masuk dalam kategori cacat dan rusak.

Ketua KPU Poso Budiman Maliki mengatakan, jika pemusnahan kertas surat suara pemilu rusak dilakukan berdasarkan surat edaran dari KPU RI.

“Pemusnahan ini dilakukan merupakan edaran dari KPU RI,” ucap Budiman.

BACA JUGA :  BPBD Palu Umumkan TP4 Lolos Seleksi

Menurut Budiman, tujuan dimusnahkan surat suara rusak dalam rangka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta menjaga netralitas dari penyelengara pemilu.

Berdasarkan data dari pihak KPU Poso ribuan surat rusak tersebut merupakan gabungan seluruh kertas surat suara yang telah berhasil disortir saat pelipatan hingga masa pengesetan.

Selain kertas surat suara yang rusak akibat cacat atau robek sebagian surat suara yang dimusnahkan merupakan kelebihan kertas surat suara yang dikirim dari KPU RI untuk tambahan kekurangan kertas.

BACA JUGA :  Kapolres Tolitoli Pimpin Gerebek Lokasi Sabung Ayam, Pelaku Lari Tunggang Langgang

Selama proses pemusnahan ribuan kertas surat suara dikawal secara ketat oleh belasan aparat kepolisian dari polres Poso. (RYN.Gode)

Silakan komentar Anda Disini....