Sekolah Bantuan Komatsu Diserahkan ke Pemkot Palu

PALU, Kabar Selebes – Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said didampingi Kadisdikbud kota Palu Ansyar Sutiadi saat menghadiri Peresmian dan Serah Terima bangunan semi permanen SD Inpres Petobo serta SDI Al-Akbar Petobo pada Kamis, 25 April 2019 di halaman SDI Al-Akbar Petobo, Kota Palu.

Rilis Humas Pemkot Palu menyebutkan, dua SD yang dibangun kembali termasuk sekolah yang terdampak parah akibat Gempa dan Likuifaksi 28 September 2018 silam. Bangunan tersebut merupakan bantuan dari Komatsu (Perusahaan Multinasional Jepang yang memproduksi peralatan konstruksi, pertambangan, dan lainnya).

BACA JUGA :  Dua Kades dan Satu PAW Dilantik di Sigi

Kedua sekolah tersebut dibangun di atas lahan hibah milik warga yang terdiri dari masing-masing 6 (enam) kelas, dilengkapi ruang perpustakaan beserta lemari, buku, dan komputer, ruang UKS, ruang guru, toilet, dan lapangan upacara untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar.

Perwakilan Manajemen Komatsu Group di Indonesia, Hiromi Higashiyanagi dalam sambutannya mengatakan Komatsu sangat peduli terhadap bencana yang terjadi di Palu. Selain bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada masyarakat, katanya pihak Komatsu juga mengirimkan alat-alat berat untuk mengangkut sisa-sisa reruntuhan bangunan.

BACA JUGA :  Wakapolres dan Enam Kapolsek Poso Ganti

Lebih lanjut, Hiromi mengatakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan di kota Palu khususnya di Petobo yang terdampak parah Likuifaksi, pihaknya juga membangun kembali dua SD semi permanen yang diresmikan kali ini, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Palu.

“Harapan kami, sekolah ini bisa dijaga, sehingga bisa dipergunakan untuk waktu yang cukup lama. Diperindah agar lebih nyaman. Kami akan terus membantu membangun sekolah di tempat-tempat lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wawali Sigit Purnomo Said dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas nama Pemerintah dan masyarakat kota Palu kepada pihak Komatsu yang telah banyak membantu pasca bencana grmpa, Tmtsunami, dan likuifaksi yang terjadi di kota Palu.

BACA JUGA :  Usung Visi Baru Bersih Peduli, Aristan Siap Jadi Calon Walikota Palu

Menurutnya SD Inpres Petobo dan SDI Al-Akbar Petobo, dibangun kembali dengan kualitas terbaik oleh pihak Komatsu, meskipun sifatnya masih semi permanen. Olehnya, Ia berharap silaturahmi antara Pemerintah Kota Palu dengan pihak Komatsu terus terjalin, apalagi kota Palu sudah memasuki tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi. (*/patar)

Silakan komentar Anda Disini....