Korban Banjir Bandang Sigi Mulai Diserang Hipertensi

SIGI, Kabar Selebes – Puluhan korban bencana banjir bandang di Desa Bangga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mulai diserang penyakit gatal-gatal, batuk hingga hipertensi.

Tim media Aksi Cepat Tanggap yang tiba di lokasi banjir bandang di Dusun I dan II Desa Bangga langsung mendatangi sejumlah tempat pengungsian warga dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara mobile.

BACA JUGA :  TNI AU Gelar Latihan Survival di Bahodopi

Salah seorang tenaga medis ACT Jihan pratiwi Wulandari mengatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan sejumlah korban bencana yg terdiri dari anak-anak hingga orang tua banyak yang mengalami gatal-gatal, batuk dan hipertensi.

“Penyebab gatal-gatal itu karena warga menggunakan air sungai yang keruh untuk mandi. Sementara batuk disebabkan karena cuaca yang tidak menentu. Adapun mereka yang mengalami hipertensi itu disebabkan pikiran yang tidak stabil,” Kata jihan.

BACA JUGA :  Mobil Damkar di Poso Terbalik, 3 Petugas Tewas 3 Lainnya Luka Berat

Jihan menambahkan sata ini para korban bencana itu masih sangat membutuhkan obat-obatan termasuk obat batuk dan gatal.

Pemeriksaan kesehatan masih akan terus dilanjutkan hingga esok hari melihat kondisi yang saat ini banyak warga yang mulai diserang penyakit.

Sebelumnya sejak minggu malam pascabanjir bandang di Desa Tuva, tim emergency response Aksi Cepat Tanggap sudah tiba dilokasi bencana membantu mengevakuasi barang-barang berharga milik warga yang terendam lumpur.(*/chan/act)

Silakan komentar Anda Disini....