Dua Cawagub Sulteng Ditetapkan

  • Bagikan
Calon Wakil Gubernur Urut 1 Rusli Dg Palabbi dan Andi Mansyur Pasande nomor urut 2 usai mencabut nomor urut di DPRD Sulawesi Tengah,Senin, 27 Mei 2019. Foto Patar

PALU, Kabar Selebes – Rapat paripurna DPRD Sulawesi Tengah menetapkan dua calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah menggantikan almarhum Sudarto.

Kedua calon wakil gubernur yang ditetapkan yaitu Rusli Baco Dg Palabbi dan Andi Mansyur Pasande. Penetapan dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Sulawesi Tengah, Senin, 27 Mei 2019.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua Alimuddin Paada menetapkan kedua calon tersebut setelah dibacakan surat keputusan penetapan oleh Sekretaris DPRD Sulteng.

Setelah rapat paripurna, dilanjutkan dengan rapat Panitia Pemilihan Wakil Gubernur. Rapat mengagendakan pencabutan nomor urut calon.

Dalam pencabutan nomor urut, Rusli Dg Palabbi mendapat nomor urut 1 dan Andi Mansyur Pasande nomor urut 2.

Rusli Dg Palabbi tercatat sebagai anggota DPRD Sulawesi Tengah dari Partai Amanat Nasional dan menjabat sebagai Sekreyaris DPW Partai Amanat Nasional Sulawesi Tengah.

Sedangkan Andi Mansyur Pasande adalah Ketua DPD Partai Bulan Bintang Sulawesi Tengah.

Keduanya lolos sebagai calon wakil gubernur untuk sisa masa bakti 2019-2021 setelah diusung oleh partai-partai pengusung yaitu Partau Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional dan Partai Bulan Bintang.

Alimuddin Paada mengatakan RuslI Dg Palabbi harus memasukkan surat keputusan pemberhentian keanggotaan DPRD Sulawesi Tengah dari Menteri Dalam Negeri sebelum hari pemilihan.

Wakil Ketua Panlih Muharram Nurdin mengatakan sesuai jadwal pemilihan, calon wakil gubernur akan dipilih pada 24 Juni mendatang.

Calon juga diminta untuk menyampaikan visi dan misi kepada publik melalui media dan akan disampaikan juga pada rapat paripurna dewan.

Calon wakil gubernur, Rusli Dg Palabbi mengatakan visi dan misi yang disampaikan tentunya akan mengacu pada visi misi Gubernur Sulawesi Tengah yang sudah ditetapkan. Calon hanya akan menambahkan soal tugas pokok dan fungsi Wakil Gubernur.

Rusli enggan menanggapi peluang mendapatkan dukungan dari koleganya meski dia bukanlah orang baru di kalangan legislator Sulawesi Tengah.

Calon gubernur yang terpilih nantinya akan mendampingi Gubernur H Longki Djanggola hingga akhir masa jabatan 2021. (patar)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan