Begini Tips Aman Dari Kapolres Sigi Saat Meninggalkan Rumah

  • Bagikan
Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri

PALU, Kabar Selebes – Lebaran kerap dijadikan sebagai momen berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Setiap tahun banyak orang yang mudik ke kampung halaman menggunakan berbagai macam transportasi, seperti bis, kereta, pesawat, kapal, hingga kendaraan pribadi.

Sebagai Kepala Kepolisian Resor Sigi di Sulawesi Tengah, AKBP Wawan Sumantri membagikan tips aman untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat mudik lebaran.

Pertama sebelum mudik pastikan kendaraan anda dalam keadaan baik. Periksa semua kendaraan dari bahan bakar hingga kondisi kendaraan.

Kedua Cek semua pintu. Kunci semua pintu dan jendela. Terapkan pengamanan ekstra pada ruangan tertentu di mana Anda menyimpan barang berharga. Jangan lupa, bawa dan simpan dengan baik semua kunci yang berhubungan dengan penyimpanan barang berharga

Ketiga matikan aliran listrik agar tidak terjadi kebakaran. “Jangan lupa mematikan saklar dan perleng yang memiliki banyak sambungan dan melepas kabel dari stop kontak.

Kemudian lepas regulator dari tabung gas, dan periksa apakah ada kebocoran sewaktu regulator di lepas,” paparnya mengingatkan.

Keempat pastikan lampu depan rumah menyala agar dipandang tidak kosong. Hal ini juga meminimalisir orang luar tau bahwa hunian Anda sedang kosong.

Kelima lapor kepada RT. Sebaiknya juga melapor kepada Ketua RT, agar mengetahui mana saja perumahan yang banyak kosong ditinggal mudik guna meningkatkan patroli di wilayah setempat.(Arjan)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan