Pendidikan Jarak Jauh, Terobosan Penting Sekolah Indonesia di Luar Negeri

  • Bagikan

BANGKOK, Kabar Selebes – Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Arismunandar menegaskan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu terobosan penting bagi penyelenggaraan Sekolah Indonesia di luar negeri, khususnya Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Alasannya sistem ini bisa mengakomodasi peserta didik dari negara manapun dengan menggunakan model pembelajaran online.

“PJJ menjadi alternatif bagi siswa Indonesia di berbagai negara yang karena jumlahnya kecil tidak memungkinkan mendirikan sekolah baru,” kata Arismunandar.

Mantan Rektor Universitas Negeri Makassar ini mengatakan PJJ SIB juga punya nilai positif karena bisa menjadi mode penyelenggaraan PJJ bagi siswa daerah 3 T yang selama ini masih sulit mendapat akses pendidikan.

Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu terobosan penting bagi penyelenggaraan Sekolah Indonesia di luar negeri, khususnya Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) karena bisa mengakomodasi peserta didik dari negara manapun dengan menggunakan model pembelajaran online. Dengan demikian PJJ menjadi alternatif bagi siswa Indonesia di berbagai negara yg karena jumlahnya kecil tdk memungkinkan mendirikan sekolah baru. PJJ SIB juga punya nilai positif karena bisa menjadi mode penyelenggaraan PJJ bagi siswa daerah 3 T yang selama ini masih sulit mendapat akses pendidikan.

Pada 11-13 Juni kemarin, Arismunandar bersama sejumlah asesor dan pejabat Kemendikbud menghadiri workshop pengembangan sekolah Indonesia luar negeri di Bangkok, Thailand. KBRI Bangkok menjadi tuan rumah pelaksanaan workshop.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini diikuti oleh tim dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemendikbud, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Kepala Sekolah Indonesia Bangkok dan Kepala Sekolah Indonesia Yangon serta guru dan tenaga kependidikan Sekolah Indonesia Bangkok. (*/patar)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan