80 Persen Lahan Pertanian Milik Warga di Sigi Rusak Akibat Banjir

  • Bagikan

SIGI, Kabar Selebes – Selain jembatan putus, banjir yang terjadi di Kecamatan Desa Rogo, Dolo Selatan, Kabupaten Sigi pada Jumat malam, juga merusak lahan pertanian milik warga. Akibatnya, warga terpaksa harus menutup aliran sungai dengan material batu.

Sebagian warga setempat kini, telah melakukan pembersihan di lahan pertanian miliknya dengan menggunakan alat manual, karena aliran sungai terus mengalir menggerus ke kebun warga.

“Sekitar 80 persen lahan pertanian rusak parah, tanah terus tergerus oleh air sehingga longsor terjadi pada bagian sisi kiri kanan jembatan dan merusak lahan pertanian,”kata Uun (40) pada Sabtu (29/6/2019) sekitar 14.55 wita saat melakukan pembersihan di lahan pertanian miliknya.

Dari data petugas desa, banjir hanya terjadi di Dusun 4, Desa Rogo. Yang mana terjadi karena adanya gesekan pegunungan akibat gempa pada sembilan bulan yang lalu. Sehingga ketika terjadi hujan, kubangan menjadi jebol dan tidak mampu menampung air.

“Kubangan jebol yang jaraknya 5 kilo dari pegunungan ke arah jembatan Pewana. menyebabkan jembatan putus dan menggerus tanah sehingga menyebabkan kerusakan pada ahan pertanian milik warga,”ungkap Kades Rogo Fuad Hudin.

Hingga saat ini, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut, namun kerugian lahan pertanian milik warga berupa kebun coklat, pisang dan kelapa, capai ratusan juta rupiah.(Arjan)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan