Tiga Kecamatan di Kabupaten Banggai Direndam Banjir

  • Bagikan

LUWUK, Kabar Selebes – Banjir melanda di 3 kecamatan wilayah Kabupaten Banggai. Ketinggian air yang sempat merendam permukiman penduduk mencapai 2 meter.

Desa paling terdampak masing-masing tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Batui Selatan, Moilong dan Toili. Dilaporkan dari peristiwa tersebut diperkirakan ratusan rumah dan ribuan hektar lahan pertanian turut terendam.

Banjir di tiga Kecamatan ini, di karenakan curah hujan hampir sepekan sehingga mengakibatkan meluapnya air di beberapa sungai tersebut tak mampu menampung air hujan.

“Banjir mulai masuk ke rumah sekitar subuh tadi, pukul 04.00 Wita,” kata Yani (44) warga Kecamatan Moilong, Kamis (18/7/2019) .

Banjir di kampung ini sempat mencapai ketinggian 1 meter, atau setinggi dada orang dewasa. Kendati begitu, ada sebagian besar penduduk memilih bertahan di rumah mereka masing-masing dan ada juga yang sudah di evakuasi.

Tepatnya di Desa Mulyo Harjo Tugu Tani, Pasar Unit 2, dilaporkan ketinggian air mencapai 2 meter Kecamatan Moilong, sedangkan Desa Kayuku dan Karang Anyar hampir semuanya terdampak banjir.

Dikabarkan, Banjir bandang yang melanda tiga Kecamatan Toili, Kecamatan Batui Selatan dan Moilong di Kabupaten Banggai, putus transportasi darat dari Luwuk ke Kecamatan Batui, Moilong, Toili dan Toili Barat, serta sebaliknya. (Emay)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan