Gempabumi Magnitudo 4,4 di Makapa Banggaì, Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -

PALU, Kabar Selebes – Badan Mererologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan pada hari Rabu, 24 Juli 2019 pukul 22:05 WITA, wilayah Makapa (Kab. Banggai), Propinsi Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik.

Kepala Stasiun Geofisika Palu Cahyo Nugroho menyebutkan, dari hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan atau magnitudo 4.4.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.97 LS – 122.46 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tolo, 54 km arah tenggara Makapa (Kab. Banggai), Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 16 km,” kata Cahyo Nugroho.

Tambah Cahyo, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Peleng.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Makapa dan Morowali. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Cahyo meminta juga masyarakat untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG. (*/patar)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 46 times, 1 visits today)