Berusia 101 Tahun, Arding Lassumpung JCH Tertua dari Sulteng Tahun Ini

  • Bagikan
Ardin Lassumpung jamaah calon haji tertua dari Sulawesi Tengah.(Foto:Gabdika Chandra)

PALU, Kabar Selebes – Usia senja bukan menjadi penghalangan bagi Arding Lasumpung, warga Kelurahan Tatura Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk memenuhi panggilan Allah menginjakkan kakinya di tanah suci, Mekkah, pada musim haji tahun ini.

Ardin Lassumpung lahir pada tanggal 1 juli 1918, asal Desa Wate’E, Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan, menjadi jamaah calon haji tertua asal Sulawesi Tengah tahun ini, dengan usia yang mencapai 101 tahun.

“Kami sebagai anak sangat senang, meskipun di usianya yang sudah tidak muda lagi, orang tua kami masih diberi kesempatan oleh Allah untuk menjadi tamunya pada musim haji tahun ini,“ ujar Artati, anak Ardin Lassumpung Jumat (26/7/2019).

Ayah dari 10 orang anak ini tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 10 embarkasi Balikpapan, yang rencananya akan mulai masuk di asrama haji transit Palu pada 27 juli 2019 besok. Meski dalam kondisi sangat renta, Ardin Lasumpung dinyatakan sehat secara fisik oleh tim kesehatan haji Indonesia dan siap melaksanakan ibadah haji.

Kakek yang berprofesi sebagai petani ini telah mendaftar sebagai calon jemaah haji pada tahun 2015 silam, yang didaftarkan oleh keluarganya. Rencananya pada tahun ini, Ardin akan didampingi oleh anaknya untuk melaksanakan ibadah haji.

“Meskipun dinyatakan siap berangkat menunaikan ibadah haji oleh tim kesehatan haji indonesia, tetapi kami dari pihak keluarga tetap mengikutkan anggota keluarga kami untuk menjaga dan mengawasinya,“ tambahnya.

Meskipun usianya sudah sangat tua, tetapi, Ardin Lasumpung masih merespon baik pembicaraan saat diwawancarai tanpa terganggu pendengaran ataupun penglihatanya. Meskipun bahasa Indonesianya tidak terlalu fasih, dan kerap menggunakan bahasa bugis.

Saat ini Ardin mengaku hanya menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan, berdoa dan berharap akan diberikan kesehatan dan kelancaran dalam beribadah, khususnya pada saat di tanah suci nanti.(Gabdika Chandra)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Pulo Dua Magnet Baru Pariwisata Banggai

BANGGAI, Kabar Selebes - Festival Pulo Dua yang masuk dalam 100 calender of events pariwisata...

Close