Kapolres Baru Morowali Utara Disambut Ritual Adat Suku Mori

oleh -
Saat penyambutan Kapolres baru Morowali Utara. Foto: Doc.

MOROWALI UTARA, Kabar Selebes – Untuk pertama kalinya, Kapolres Morowali Utara yang baru, Bagus Setiyawan, menginjakan kaki di halaman Mapolres Morowali Utara, Jumat (16/8/2019).

Setelah sebelumnya dilaksanakan serah terima jabatan dari Kapolres Morowali Utara yang lama, Dadan Wahyudi, di Mapolda Sulteng pada Selasa, 13 Agustus 2019. Dadan bertugas menjadi Kapolres Donggala, Sulawesi Tengah.

Kedatangan Bagus Setiyawan di Kabupaten Morowali Utara, disambut dengan tarian Lense. Penyambutan dipimpin langsung Wakapolres Morowali Utara, Hasanuddin.

Acara penyambutan sesuai tradisi tanah Mori, yakni Gau Mompelangkai Petewawa. Tradisi tersebut dimaksudkan untuk menyambut pimpinan yang akan melaksanakan tugas di tanah Mori.

Selain itu, Bagus Setiyawan dan Mitha Bagus Setiyawan selaku Ketua Bhayangkari Morowali Utara, disambut dengan ritual adat Mori, yakni pemberian saguer manis dalam suke bambu kuning.

Ritual adat tersebut melambangkan kearifan palili, rakyat melayani seorang pemimpin dan satria, yang telah lelah dan tulus dalam pengabdian sosial kemasyarakatan.

Bagus Setiyawan dan isteri diberikan juga ayam jantan putih kaki kuning, sebagai lambang seorang pemimpin yang tanggap, peduli, tulus, dan mengayomi kadaulatan rakyat (palili). Kemudian beras putih dalam bingka serta tujuh telur ayam kampung.

Beras putih bermakna seorang pemimpin yang bertanggungjawab untuk mensejahterakan rakyatnya. Tujuh butir telur ayam kampung bermakna ketulusan hati masyarakat menyambut pimpinan yang hadir di daerah.

Penyambutan tersebut dihadiri langsung Bupati Morowali Utara, Aptripel Tumimomor. (Ahyar Lani)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 142 times, 1 visits today)