Menghawatirkan, Tempat Tinggal Tarsius di TNLL Semakin Dekat Pemukiman

oleh -
Tarsius di TNLL. (Foto:Amar Sakti)

PALU, Kabar Selebes – Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu telah mencatat ada tiga jenis mamalia terkecil di dunia atau tarsius hingga kini di Taman Nasional Lore Lindu ( TNLL).

Di kawasan TNLL ada tiga jenis tarsius yang sudah terindentifikasi keberadaanya yaitu tarsius pumilus, tarsius lariensi dan tarsius dentatus.

Ketiga mamalia terkecil ini dapat dijumpai di kawasan Taman Nasional Lore lindu berada di wilayah das Lariang, Rore katimbu dan kecamatan kulawi.

Tempat bernaungannya tarsius untuk kawasan Lore Lindu berada di semak belikan, pohon beringin dan rumpunan bambu.

Dari data Badan Nasional Lore Lindu populasi dari jenis tarsius yang hidup di kawasan Lore Lindu ini berkisar tidak lebih dari 100 ekor.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu, Jusman, hingga kini keberadaan tarsius tersebut sudah dekat dengan kebun warga setempat.

Dia berharap perluasan area kebun masyarakat tersebut tidak menjangkau ke habitat tarsius tersebut sehingga keberadaanya bisa dipertahankan.

Tarsius merupakan hewan khas Sulawesi dan keberadaannya ini ada lima jenis yang tersebar di pulau Sulawesi, sementara untuk Sulawesi tengah ada tiga jenis yaitu berada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu.

Makanan yang dimakan Tarsius berupa serangga, jangkrik, burung dan ular yang ukurannya kecil. ( Ifal)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 76 times, 1 visits today)