Antisipasi Kebakaran, Damkar Palu Bentuk Satgas di Lapas dan Rutan

Sudaryano Lamangkona

PALU, Kabar Selebes – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palu akan berkoordinasi dengan pihak lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) di Kota Palu. Hal itu menanggapi adanya rapat koordinasi penyusunan pedoman penanganan bencana (disaster plan) yang melibatkan seluruh UPT pemasyarakatan.

Kerja sama itu diperlukan sebab jika terjadi kebakaran khususnya di Lapas maka pihak Damkar akan lebih mudah untuk melakukan penanganan.

BACA JUGA :  Partai Perindo Usung CEM sebagai Cawagub Sulteng

Menurut Kepala Pemadam Kebakaran Kota Palu, Sudaryano Lamangkona, setiap Lapas maupun Rutan akan dibentuk Satuan Tugas (Satgas), untuk mengantisipasi suatu saat akan terjadi kebakaran. Satuan tugas ini bertugas menangani awal kebakaran sebelum datang petugas pemadam kebakaran.

“Antisipasi awal yang ditangani oleh satgas adalah memadamkan api sebelum unit armada pemadam itu datang. Karena dari pihak pamadam tidak mengetahui adanya kebakaran kalau tidak ada informasi yang disampaikan, sehingga itu dibentuklah yang namanya satgas,” tegasnya.

BACA JUGA :  Ada Bom Meledak di Lapangan Vatulemo Palu

Selain pelatihan dan meningkatkan kapasitas kata Sudaryano, pihak Rutan maupun Lapas juga harus menyediakan peralatan pemadam kebakaran.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....