Menjadi Guru Anak-Anak Pedalaman Tinombo, Anggota TNI Ini Mengajar dengan Bahasa Daerah

PALU, Kabar Selebes – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) ke-106 Tahun 2019 Kodim 1306/Donggala semakin gencar mengajarkan materi membaca dan berhitung kepada anak-anak suku pedalaman di Desa Ogoalas, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong.

Pelaksanaan TMMD Tahun ini memang bukan hanya membangun infrastruktur, akan tetapi juga masalah pendidikan.

Salah satunya dengan menjadi guru bagi anak-anak di desa terpencil. Salah seorang anggota TNI bernama Serda Abdul Zaid mendapat tanggungjawab untuk mengajarkan baca dan tulis bagi anak-anak di desa itu.

BACA JUGA :  Penutupan TMMD ke-105, Danrem: Kegiatan Berjalan Lancar dan Tepat Waktu

Mengingat desa yang menjadi sasaran TMMD ini kebanyakan anak-anaknya tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka Serda Abdul Zaid yang memiliki kemampuan berbahasa daerah setempat ditunjuk menjadi guru.

Serda Abdul Zaid merupakan anggota Satgas TMMD ke-106 yang bisa menguasai bahasa daerah suku terpencil seperti bahasa Lauje, Desa Ogoalas, Kacamatan Tinombo.

BACA JUGA :  Firman Lapide Janji Prioritaskan Kesejahteraan Nelayan Jika di Senayan

Dengan kemampuan berbahasa daerah setempat, Serda Zaid, tidak mengalami kendala untuk mengajar kepada anak-anak tersebut.

Menurut Serda Zaid kemampuan berbahasa Indonesia harus didasari dengan mengenal huruf kapital dan berhitung sehingga kedepan dapat berguna untuk memahami materi pelajaran lainnya di sekolah.

“Anak-anak sangat antusias belajarnya, sangat mudah menangkap materi yang diajarkan, yang terpenting kita harus mempunyai kemauan yang keras untuk bisa memberikan materi pelajaran tersebut sehingga sumber pengetahuan mereka berkembang,” jelasnya.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....