Sambutan Menpora RI di Hari Sumpah Pemuda ke-91, Taslim: “Bersatu Kita Maju”

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91, yang digelar di halaman Kantor Bupati Morowali, Senin (28/10/2019).

Upacara bendera digelar yang dipimpin langsung Bupati Morowali, Taslim, selaku Inspektur Upacara. Diikuti para peserta upacara yang terdiri kepala OPD, ASN, PHL, LPPD, mahasiswa, dan siswa-siswi.

Sumpah Pemuda ke-91 mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda dengan ikrar Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Bupati Morowali, Taslim, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Bahwa hanya dengan persatuan yang dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

BACA JUGA :  DPO Lapas Petobo Ditangkap Setelah Sekap Perempuan di Dalam Kamar

“Perkembangan teknologi informasi harus melahirkan pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja yang tangguh, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas,” jelas Menpora.

Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Dijelaskannya, dibalik dunia yang serba cepat, instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatiki. Sebagai masa depan bangsa dan harapan dunia, maka pemuda harus memiliki pola pikir yang mampu keluar dari sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur.

BACA JUGA :  IAIN Palu Hadirkan Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Bahas Integrasi Moderasi Islam Keilmuan

Dengan demikian, maka dapat menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pesan Menpora.

BACA JUGA :  Bupati Sigi Kukuhkan Pengurus Forum PRB

Di akhir sambutannya, Menpora mengucapkan, selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91. Semoga para pemuda akan selalu menghormati jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan. Sehingga, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-NYA.

Pada upacara Sumpah Pemuda itu, Abi Kusno sebagai Perwira Upacara, dan Asri Ointu sebagai Komandan Upacara. Pembaca UUD 1945 adalah Adzan Djirimu, dan Pembaca Ikrar Pemuda 1928 adalah Amir Aminudin, Kelompok Paduan Suara, dan LPPD Kabupaten Morowali. (Ahyar)

Silakan komentar Anda Disini....