Sparko Komunitas Pencari Hidup Sehat Terbentuk di Poso


POSO, Kabar Selebes – Tak hanya ada di ibu kota saja, Kabupaten Poso, Sulteng kini memiliki komunitas bernama Spartan Komando (Sparko) Poso.

Sparko Poso merupakan gabungan wanita dan pria pencari hidup sehat yang berolah raga tanpa menggunakan alat bantu memanfaatkan jalan raya, lantai maupun tempat kosong untuk berolah raga.

Sparko Poso kini telah diikuti lebih dari seratus pencinta olah raga baik anak muda, dewasa hingga orang tua yang aktif melaksanakan fitnes, senam, sit up, push up, jogging, berjalan hingga olah raga renang.

Sparko Poso sendiri dibentuk pada Januari 2019 oleh Serda Ramto anggota Kodim Poso yang juga sebagai ketua dan pelatih Sparko Poso.

BACA JUGA :  Komisi IV DPRD Sulteng Tinjau Realisasi Pengerjaan Kolam Renang STQ

Komunitas Sparko setiap hari, baik pagi maupun sore fokus melaksanakan latihan fisik dengan memanfaatkan lokasi lapangan Alun-Alun Sintuwu Maroso, jalan Gedung Olah Raga (Gor), jalan pusat kota Poso hingga pantai untuk beraktifitas berolah raga.

Ketua sekaligus Coach Sparko Poso, Serda Ramto menyampaikan, Sparko dibentuk bertujuan untuk menyehatkan masyarakat luas, terlebih bagi anak-anak muda Poso untuk bisa hidup sehat.

“Intinya kita memberikan hidup sehat secara gratis kepada masyarakat, apalagi Poso banyak anak muda daripada mereka lakukan perilaku negatif seperti miras dan narkoba, lebih baik mereka hidup sehat. Disini juga kami memberikan hidup sehat kepada ibu-ibu dan bapak-bapak,” ucap Ramto saat diwawancarai media ini. Selasa 29 Oktober 2019.

BACA JUGA :  Buron Satu Tahun, Tersangka Korupsi Dana Desa di Menui Ditangkap di Kendari

Menurut Ramto, jika olah raga yang diterapkan Sparko memberikan pola hidup sehat melalui gerakan Sparko yang tidak menggunakan alat bantu, dan hanya berolah raga menggunakan jalan raya, lantai maupun tempat kosong.

Sementara nama Sparko diambil dari sebuah film Romawi yang menceritakan seorang prajurit bertubuh bugar dan gagah berani. Sebelumnya Sparko telah dibentuk oleh anggota Kopasus, Mayor Eka Wira.

BACA JUGA :  Dinas KPPĶBD Morowali Kampanye Germas, Taslim: Indikator Hidup Sehat Menuju Morowali Sejahtera Bersama

“Nama Sparko dari sebuah film Romawi yang memiliki tubuh ideal yang gagah. Sparko sudah ada di Jakarta dibentuk oleh Mayor Eka dan Poso saya bentuk Sparko,” ucapnya.

Hampir setahun terbentuk, komunitas Sparko Poso sendiri sudah mengikuti berbagai ajang perlombaan di luar Kota Poso.

Ramto berharap, dengan adanya komunitas Sparko di wilayah Poso, masyarakat luas bisa mengetahui bahwa kota Poso memiliki masyarakat yang mau hidup sehat, hingga Sparko Poso bisa terlibat dalam berbagai ajang perlombaan tingkat nasional dan internasional. (RYN.Gode)

Silakan komentar Anda Disini....