Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulteng Kembangkan Perpustakaan di Daerah

SIGI, Kabar Selebes – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah melakukan sosialisasi pengembangan perpustakaan di tiap daerah berbasis inklusi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kantor Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi Rabu (30/10/19).

Kegiatan tersebut dihadiri sekertaris daerah Provinsi Sulawesi, kepala Perpustakaan dan kearsipan Provinsi Sulteng beserta jajarannya, kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Sigi, beberapa camat serta 176 kepala desa di Kabupaten Sigi.

Sekertaris Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk sarana informasi kepada kepala desa tentang pentingnya pengembangan perpustakaan demi kemajuan desa.

“Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh pemerintah karena saat ini perpustakaan tidak lagi menjadi sarana informasi karena kurangnya minat dari masyarakat, padahal salah satu pengembangan desa adalah perkembangan perpustakaan karena berbagai informasi mudah didapatkan melalui perpustakaan. Olehnya saya harapkan melalui kegiatan ini perangkat desa yang ada dapat berperan aktif untuk mengajak masyarakat agar bisa mendapatkan informasi melalui membaca di perpustakaan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pengembangan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tengah Rohani Mastura yang juga menginisiasi kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat tentang pentingnya mendapatkan informasi melalui perpustakaan.

“Kegiatan ini diselenggarakan agar terciptanya masyarakat sejahtera melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi dan juga untuk memperkuat peran dan fungsi perpustakaan di tiap desa,” katanya.

Kegiatan tersebut akan terselenggara di tiga kabupaten di Sulawesi Tengah, yaitu kabupaten Sigi, Donggala dan Morowali, dengan atas kerja sama Pemerintah daerah Sulawesi Tengah.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....