Dua Jurnalis KabarSelebes.id Sabet Juara Anugerah Jurnalistik DSLNG 2019

PALU, Kabar Selebes – Dua jurnalis KabarSelebes.id meraih juara dalam Anugerah Jurnalistik DSLNG (AJD) 2019. Keduanya menyabet juara 2 untuk dua kategori berbeda yang digelar di Swisbell Hotel Palu Senin (4/11/2019).

Mohammad Sobirin, jurnalis KabarSelebes.id yang sehari-hari meliput di DPRD Kota Palu, meraih juara 2 untuk kategori News Online. Sementara, Mohammad Qadri yang sehari-hari meliput kriminal di Kabupaten Sigi, juga meraih juara 2 untuk kategori Feature Online.

Jurnalis Mohammad Sobirin mengirimkan tulisan berjudul ASPUM, Wadah Bagi Pelaku Usaha Mikro Kabupaten Banggai, sementara jurnalis Mohammad Qadri mengirim feature dengan judul Tinggalkan Pupuk Anorganik, Petani Binaan DSLNG Rasakan Dampak yang Positif.

Anugerah Jurnalistik DSLNG 2019 adalah lomba menulis tentang Donggi Senoro LNG dengan teman ‘Menakar Peran DSLNG dan Industri Migas dalam Pembangunan Sulawesi Tengah’. Tahun ini adalah tahun kedua Donggi Senoro LNG bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu menggelar AJD.

BACA JUGA :  KM Fungka Permata V Terbakar, Berikut Data dan Identitas Korban

Sebanyak 20 Jurnalis media online dan media cetak menjadi juara dalam dua kategori AJD 2019. Untuk kategori News Online juara 1 diraih Ronny Sandi (Radarsultengonline.com), juara 2 Mohammad Sobirin (Kabarselebes.id), juara 3 Muhajir Badjeber (Transsulawesi.com), juara 4 Stephensopyan Pontoh (Antarasulteng.com) dan juara 5 Hamdi Anwar (Paluekspres.fajar.co.id).

Sementara pada kategori news cetak AJD 2019, juara 1 Barnabas Loinang (Luwuk Post), juara 2 Hangga Nugracha (Sulteng raya), juara 3 Sofyan Samsuddin (Obor Moindok), juara 4 Indrawati Zainuddin (Pos Palu), dan juara 5 Haris Ladici (Luwuk Post).

Untuk kategori feature online juara 1 Stepensopyan Pontoh (Antarasulteng.com), juara 2 Mohammad Qadri (KabarSelebes.id), juara 3 Muhadjir Badjeber (Transsulawesi.com), untuk juara 4 Agus Panca Saputra (Sultengterkini.com), dan juara 5 Irwan Kurniawan Basir (KabarLuwuk.com).

Sementara untuk kategori Feature Cetak, juara 1 diraih oleh Haris Ladici (Luwuk Post), juara 2 diraih Irwan (Sulteng Raya), juara 3 diraih Tasman Banto (Mercusuar), Juara 4 Hangga Nugracha (Sulteng Raya) dan juara 5 diraih Andi Ardin (Luwuk Post).

BACA JUGA :  Pasha Meneteskan Air Mata Saat Deklarasi Maju Pilgub
Mohammad Sobirin dan Mohammad Qadri, dua jurnalis KabarSelebes.id yang juara pada AJD 2019 berpose bersama Pemred KabarSelebes.id Abdee Mari dan Wapemred Pataruddin.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi pelaksanaan AJD 2019. Dia juga berharap anugerah jurnalistik ini terus berkelanjutan agar bisa mengasah kemampuan menulis para jurnalis-jurnalis muda.

“Apa yang dilakukan malam ini akan sangat memotivasi para jurnalis. Jadi untuk adik-adik saya, anak-anak saya untuk rajin mengikuti kegiatan seperti ini. Jadi pada malam Anugerah Jurnalistik DSNLG 2019 ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme para jurnalis,” kata Longki Djanggola.

Longki Djanggola juga berharap AJD ini menjadi agenda tahunan bagi DSLNG untuk pengembangan dunia jurnalistik di Sulawesi Tengah.

Longki juga berjanji akan mengajak perusahaan lain yang ada di Sulawesi Tengah untuk bisa melakukan hal seperti ini. “Ini janji saya untuk agar perusahaan lain seperti di Morowali untuk melakukan seperti ini,” kata Longki.

BACA JUGA :  Hari Kedua Razia di Sigi, Polisi Temukan Puluhan Kendaraan Menunggak Pajak

Sementara itu, Direktur Korporasi DSLNG Erita Yohan mengatakan AJD II 2019 ini tak lepas dari peran serta dan kerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu serta dewan juri.

Ketua AJI Kota Palu Muh Iqbal mengatakan peserta AJD II 2019 mengalami penurunan tetapi jumlah karya meningkat.

DSLNG juga memberikan apresiasi kepada tokoh pers Sulawesi Tengah H Rusdy Toana (pendiri Harian Mercusuar) yang diterima putranya, Tri Lutra Toana. Serta memberikan penghargaan kepada narasumber yang paling sering muncul atau dikutip media. Juga memberikan sejumlah doorprize kepada undangan yang hadir.
(Abdee/Patar)

Silakan komentar Anda Disini....