Jelang Pilkada 2020, KPU Poso Sosialisasikan Pencalonan Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati

POSO, Kabar Selebes- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulteng melaksanakan kegiatan evaluasi pemilu tahun 2019 dan sosialisasi pencalonan perseorangan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Kegiatan dilaksanakan disalah satu cafe di Poso yang dihadiri komisioner KPU Sulteng, Samsul Gafur bersama Bawaslu Poso, KPU Poso, perwakilan parpol, Pemda Poso, pihak TNI, Polri dan turut dihadiri para wartawan. Senin 04 November 2019.

Budiman Maliki ketua KPU Poso mengatakan, jika suatu kewajiban pihak KPU untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu, baik ke partai politik maupun masyarakat umum, sehingga kegiatan hari ini merupakan tahapan pilkada 2020 terkait sosialisasi pencalonan pemilu tahun 2019 yang perlu dilakukan evaluasi.

BACA JUGA :  Antisipasi Kejahatan, Polres Palu Gelar Patroli Dialogis

“Mudah-mudahan dalam tahap evaluasi pencalonan pemilu tahun 2019 dapat memberikan hasil yang sangat baik bagi kita di wilayah Poso dalam pelaksanaan pencalonan bupati dan wakil bupati tahun 2020,” ucap Budiman.

Sementara Komisioner Divisi Teknis KPU Sulteng, Samsul Gafur menyampaikan, berkaitan dengan evaluasi pencalonan, bahwa KPU banyak isu-isu yang dihadapi diantaranya tentang keterwakilan perempuan, dan pemenuhan syarat pencalonan dan syarat calon melalui aplikasi Sistim Informasi Pencalonan (Silon) yang belum bekerja efektif.

BACA JUGA :  Pascabencana, Ratusan Debitur Bank BTN di Pasigala Ajukan Kredit Kembali

Menurutnya, untuk syarat dukungan paslon perseorangan, penduduk yang memberikan dukungan yaitu warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih berdomisili di daerah pemilihan dengan dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan yang diterbitkan Dinas Dukcapil, dan tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu.

Selain itu penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan, KPU kabupaten mengumumkan jadwal waktu penyerahan dukungan dengan mencantumkan keputusan KPU kabupaten mengenai persyaratan jumlah dukungan, tempat penyerahan dan waktu penyerahan.

BACA JUGA :  Polisi di Tolitoli Bagikan 280 Paket Kurban kepada Kaum Duafa

Untuk surat persyaratan dukungan, masing-masing pendukung menggunakan formulir model B.1 perseorangan yang ditempelkan fotokopi KTP atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil, dan surat pernyataan paslon yang memuat daftar nama pendukung ditandatangani oleh bakal paslon. (RYN.Gode)

Silakan komentar Anda Disini....