Polres Poso Peringkat ke-2 Sukses Turunkan Angka Lakalantas

oleh -

POSO, Kabar Selebes- Satlantas Polres Poso, Sulteng berhasil melakukan penindakan 1067 perkara selama operasi Zebra Tinombala 2019 yang dimulai sejak 23 Oktober hingga 05 November 2019. Dimana 1067 perkara itu terjadi peningkatan bila dibandingkan dengan pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2018 silam.

1067 perkara pelanggaran lalu lintas itu meliputi 569 pengendara motor tidak menggunakan helm SNI, pengendara di bawah umur 209 perkara, menggunakan HP saat berkendara 14 perkara dan 248 perkara pelanggaran lalulintas lainya.

Waka Polres Poso, Kompol Putu Hendra Binangkari didampingi Kabag Ops AKP Sudaryanto dan Kasat Lantas Poso, Iptu Cahya Timur Amboina mengatakan, jika 1067 perkara itu terjadi peningkatan bila dibandingkan dengan pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2018 silam.

Tahun 2018 terdapat 280 kasus terjadi peningkatan penindakan tilang sebanyak 787 perkara atau meningkat 281 persen.

“Peningkatan dalam menjaring pelanggaran salah satu wujud dari semangat operasional yang dilaksanakan setiap personil dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya,” tegas Wakapolres Putu Hendra. Rabu 26 November 2019.

Sementara maraknya pelanggaran khusus pengendara dibawah umur yang didominasi kalangan pelajar, pihak Satlantas Polres Poso melaksanakan program melalui Dikmas Lantas berupa kegiatan penyuluhan, serta sosialisasi di sekolah dan diberbagai komunitas motor, ojek, serta rumah-rumah ibadah.

Satlantas Polres Poso pun sukses mengajak masyarakat untuk tertib berlalulintas, hal ini dibuktikan dengan minimnya insiden kecelakaan berlalulintas yang terjadi di wilayah Poso.

Menurut Putu Hendra, untuk tahun 2019 wilayah Poso hanya terjadi 1 kasus lakalantas, dan menyebabkan satu orang luka berat. Sementara tahun 2018 terjadi lakalantas sebanyak 6 kasus yang menyebabkan luka berat 5 orang, serta luka ringan satu orang.

“Ini hal yang positif karena terjadi penurunan angka lakalantas sebesar 83 persen, langkah positif dengan terjadinya penurunan angka lakalantas ini Polres Poso berada pada posisi kedua terbaik dalam upaya menurunkan angka lakalantas di jajaran Polda Sulteng,” jelasnya.(RYN.Gode)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 102 times, 1 visits today)